202 Jamaah Haji Kota Tegal Berangkat 3 Juni

TEGAL, smpantura – Sekitar 202 jamaah calon haji asal Kota Tegal, yang masuk dalam kelompok terbang (kloter) 34 gelombang satu SOC Solo, akan diberangkatkan pada 3 Juni 2023 pukul 02.00 WIB. Mereka akan masuk ke Asrama Haji Donohudan, untuk kemudian terbang ke Madinah pada Minggu, 4 Juni 2023 sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal, Ahmad Muhdzir mengatakan, pada musim haji tahun 1444 Hijriah, Kota Bahari memberangkatkan 202 jamaah. Itu terdiri dari 199 jamaah calon haji dan tiga Petugas Haji Daerah (PHD).

Dari jumlah tersebut, jamaah perempuan berjumlah 118 orang dan laki-laki sebanyak 84 orang. Adapun jamaah termuda berusia 31 tahun, atas nama Muhammad Kaunang warga Kelurahan Tegalsari, dan tertua 87 tahun, atas nama Suwarsih warga Kelurahan Randugunting.

“Jamaah akan diberangkatkan dari Balai Kota Tegal, Sabtu (3/6) pukul 02.00 WIB dan direncanakan masuk Asrama Haji Donohudan, Sabtu (3/6) pukul 10.00 WIB. Kemudian jamaah terbang pada Minggu (4/6) pukul 09.00 WIB dan mendarat di Madinah pada Minggu (4/6) pukul 17.35 WIB,” jelasnya.

Ditambahkan Ahmad Muhdzir, jamaah haji Kota Tegal, dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Minggu, 16 Juli 2023 sekitar pukul 15.05 WIB. Sementara itu, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono berpesan agar jamaah haji dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sebab, ibadah haji adalah ibadah yang tidak bisa dilakukan sembarangan dan menunggu waktunya yang lama. Terlebih, tahun ini biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) naik dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA :  Dr Yusqon Terpilih Ketua Umum Pengurus Pusat FPSMI

“Jamaah haji harus mempersiapkan fisik yang prima dan mental juga spiritual, sehingga segala kewajiban ibadah haji, baik rukun maupun sunahnya dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal, seraya tetap bertawakal kepada Allah SWT agar nantinya mendapatkan predikat haji mabrur mabrurah,” kata Dedy Yon, dalam acara pelepasan jamaah haji di Pendopo Ki Gede Sebayu, Selasa (23/5).

Orang nomor satu di Kota Bahari ini juga berpesan agar jamaah calon haji dapat saling tolong menolong dan saling menjaga di Tanah Suci serta bawa nama baik Kota Tegal.

“Rekatkan dan jalin ukhuwah islamiyah antara jamaah. Budayakan saling tolong menolong dan bekerja sama,” pintanya. (T03-Red)

Scroll to top
error: