Asyiknya Bermain Air di Wisata Geburan Kali Celo Mejagong

 

PEMALANG, smpantura – Berwisata untuk mengisi hari libur, ternyata tidak harus mengeluarkan kocek besar. Apalagi saat ini banyak bermunculan obyek wisata yang bersahabat dengan isi kantong. Salah satunya, Wisata Geburan Kali Celo Mejagong, di Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang.

Bagi pelancong yang suka wisata air, obyek wisata ini sangat cocok. Selain tempatnya asyik, berkunjung di wisata ini tidak membuat kantong terkuras. Wisata yang dikelola Pokdarwis Desa Mejagong ini, menawarkan wisata pemandian di alam bebas. Uniknya, kolam pemandian yang disediakan ini, memanfaatkan aliran irigasi dari Sungai Comal yang airnya deras dan sangat jernih.

Lokasi Wisata Geburan Kali Celo Mejagong ini sangat mudah dijangkau. Berada tidak jauh dari jalur utama Randudongkal – Moga Kabupaten Pemalang. Hampir setiap hari libur, tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung lokal dan dari luar kota.

Alur irigasi primer dengan lebar sekitar 8 meter, dengan aliran air yang deras dan jernih, menjadi daya tarik tersendiri di wisata ini. Selain bisa berenang, pengunjung juga bisa bermain arung jeram ringan dengan memanfaatkan ban dalam mobil atau perahu karet yang disewakan warga sekitar. Alur irigasi yang tidak terlalu dalam, masih cukup aman untuk anak-anak yang ingin berenang. Namun demikian, tetap harus mendapat pendampingan oran tua. Bahkan, disediakan juga tempat khusus berenang anak-anak dengan pengawasan yang lebih mudah.

Bagi pengunjung yang datang ke Wisata Geburan Kali ini, tidak ditarik tiket masuk. Pengunjung hanya akan dikenai biaya untuk sewa ban dalam mobil atau perahu karet. Untuk sewa ban dalam harganya sangat murah antara Rp 1.000 – Rp 3.000 sesuai besarnya ukuran ban dalam yang akan dipakai.

BACA JUGA :  Tiga Destinasi Wisata Libur Akhir Tahun di Brebes Selatan

Pengunjung juga tidak perlu khawatir soal makanan. Sebab, di sepanjang tempat wisata itu banyak warga yang membuka warung. Berbagai menu juga disediakan, dari mulai minuman, makanan ringan hingga menu lainnya. Terpenting lagi, harganya juga murah meriah.

Arti (38), pengunjung asal Brebes mengaku, kerap berwisata di Wisata Geburan Kali Celo Mejagong karena tempatnya asyik dan murah meriah. Bahkan, dalam sebulan hampir 2-3 kali mampir ke tempat wisata ini di setiap hari libur. “Kebetulan anak saya kan suka berenang, jadi sering ke sini. Selain udaranya sejuk, tempatnya asyik dan airnya juga tidam kalah jernih dengan kolam renang. Di sini juga lebih alami. Kalau bagi orang tua yang ikut berenang, jadi ingat waktu semasa kecil dulu,” tuturnya sambil tersenyum.

Dia mengungkapkan, berwisata di Geburan Kali dirinya tidak khawatir akan menghabiskan uang banyak. Sebab, biayanya murah, dan paling untuk sewa ban dalam sama makan-makan. “Biasanya saya hanya mengeluarkan kocek Rp 100.000 sudah bisa sepuasnya di sini,” sambungnya.

Meski bermain air di wisata Geburan Kali Celo Mejagong relatif aman, tetapi pengunjung disarankan tidak berenang saat air irigasi meluap, atau hujan deras turun. Itu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. (T07_red)

Scroll to top
error: