Dosen Poltek Harber Latih Siswa SMK Hasyim Asy’ari Pengelolaan APBDes

TEGAL, smpantura – Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP), Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber), telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk peserta kelas 12, Program Keahlian Akuntansi di SMK Hasyim Asy’ari Bojong, Kabupaten Tegal, Rabu (4/1).

Kegiatan tersebut dikoordinir Dosen Prodi Akuntansi Sektor Publik (ASP), Nurul Makhmudah, yang bertemakan, Peningkatan Pemahaman Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“APBDesa merupakan, instrumen penting yang sangat menentukan perwujudan tata pemerintahan yang baik, dan pelaksanaan pembangunan di tingkat Desa. Tata kelola pemerintahan yang baik, diantaranya diukur dari proses penyusunan dan pertanggungjawaban APBDesa, serta mampu memahami proses tahapan pengelolaan APBDesa meliputi penyusunan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban,” kata Nurul.

Pengabdian kepada masyarakat tersebut, dihadiri sebanyak 20 peserta dari SMK Hasyim Asy’ari. Kegiatan ini, merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain itu dapat dijadikan sebagai bagian dari kerja sama Perguruan Tinggi, khususnya Prodi Sarjana Terapan (S.Tr) ASP Poltek Harber dengan Sekolah.

BACA JUGA :  Jamaah Calon Haji Kota Tegal Siap Take Off ke Madinah

Wakil kurikulum SMK Hasyim Asy’ari Bojong Kabupaten Tegal, Syukron Makmum menuturkan, kegiatan PKM bertujuan memberikan pemahaman, mengenai pengelolaan APBDes.

“Dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan wawasan yang sangat luas bagi anak-anak kami, khususnya jurusan Akuntansi,” kata Syukron.
“Terima kasih untuk pemateri, karena ilmu yang disampaikan bermanfaat bagi saya dan teman-teman.

Saya berharap, ada kegiatan lanjutan sebagai keberlangsungan untuk adik tingkat saya, semoga Poltek Harber semakin maju dan berprestasi ditingkat nasional dan internasional,” ujar M. Afan, selaku peserta. (T03-Red)

Scroll to top
error: