Jumat Curhat di Pasar Trayeman, Pedagang Minta Tenaga Keamanan Ditambah

SLAWI, smpantura – Polsek Slawi kembali melaksanakan program Jumat Curhat, Jumat (13/1) pagi.

Kali ini, Jumat Curhat dilaksanakan di Kantor UPTD Pasar Trayeman Slawi, dengan mengundang perwakilan Paguyuban Pasar Trayeman (Patraman) dan Persaudaraan Pedagang Ayam (Pepaya) Pasar Trayeman.

Sejumlah masukan dan usulan disampaikan pedagang, pada Plh Kapolsek Slawi Ipda Wawan Prasetyo dan jajarannya.

MENAMPUNG: Plh Kapolsek Slawi Ipda Wawan Prasetyo menampung aspirasi perwakilan pedagang Pasar Trayeman, Slawi pada saat acara Jumat Curhat di Kantor UPTD Pasar Trayeman, Jumat(13/1).

Salah satu usulan pedagang, adalah ditambahnya tenaga keamanan khususnya penjaga malam.

Sebab, saat ini pasar tradisional itu hanya memiliki empat orang tenaga keamanan.

Mereka bertugas menjaga pasar secara bergantian, mulai pukul 07.00-16.00 WIB, pukul 16.00 -22.00 WIB dan pukul 22.00-07.00 WIB.

Keberadaan satu penjaga malam, dari pendapat sejumlah pihak dirasakan masih kurang.

Untuk mengawasi pasar tersebut, sedikitnya dibutuhkan dua orang penjaga, sehingga bisa saling membantu, manakala terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pedagang juga mengharapkan, petugas dari Polsek Slawi dapat rutin 2 jam sekali melakukan patroli kekeliling, atau menyambangi pasar yang berada tak jauh dari Kantor Polsek Slawi itu.

“Kalau bisa, dua jam sekali dari Polsek Slawi ada yang keliling patroli di Pasar Trayeman. Karena kalau malam cuma ada satu tenaga keamanan,”terang Catur Puryanto, yang juga koordinator keamanan dari Dinas Koperasi,UKM dan Perdagangan.

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at, melalui Plh Kapolsek Slawi Ipda Wawan Prasetyo ,pada kesempatan itu menyampaikan, melalui kegiatan Jumat Curhat , pihaknya bisa mengetahui masalah yang dihadapi pedagang Pasar Trayeman.

BACA JUGA :  Ranting PKB Mendukung Mas Ischak Maju Cabup Tegal

“Ternyata selama ini kami sudah rutin melakukan patroli, tetapi ternyata kelewatan untuk masuk pasar di malam hari. Masukan akan ditindaklanjuti,”tuturnya.

Wawan menyampaikan, Jumat Curhat merupakan program dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.Program ini dilaksanakan sejak 30 Desember 2022. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di tingkat Polres dan Polses jajaran.

Melalui Jumat Curhat diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah di masyarakat dan guna pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

“Dengan kegiatan Jumat Curhat ini, kami menampung saran, masukan untuk pelayanan Polri dan terciptanya Kamtibmas yang kondusif,”tutur Wawan.

Wawan menambahkan, sebelumnya, pada Jumat (6/1) lalu, Polsek Slawi melaksanakan program Jumat Curhat di SMK 2 Slawi.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Trayeman Suwarno menyebutkan, pihaknya menyambut baik adanya kegiatan Jumat Curhat, sehingga pihaknya dan pedagang dapat meyampaikan aspirasi terkait keamanan di pasar.

“Alhamdulillah sampai dengan saat ini kondusif. Tidak ada masalah yang berarti,”sebutnya.

Suwarno membenarkan, saat ini petugas keamaan yang dibentuk oleh Paguyuban Pasar Trayeman baru empat orang.

“Memang saat ini petugas keamanan baru empat orang. Kalau malam sementara satu personel karena keterbatasan personel. Kami akan upayakan peningkatan jumlah petugas,”tuturnya. (T04-Red)

Scroll to top
error: