Market Place Bumiayu, Program Terbaru Membantu Pelaku UMKM Lokal

Oleh : Bara Maulana Mizhollah

Ini Bumiayu adalah salah satu media di Bumiayu yang berbasis di instagram. Akun instagram @inibumiayu dibuat oleh dua orang pada tahun 2015, yaitu mas Ridho dan kawannya. Pada awalnya akun ini dibuat hanya untuk iseng-iseng saja hanya untuk mengabadikan momen membagikan foto dan video ketika menjelajah di wilayah sekitar Bumiayu. Namun seiring berjalannya waktu akun instagram @inibumiayu mendapatkan respon yang positif dari para audiens yang berimbas followers atau pengikut dari akun instagram @inibumiayu semakin bertambah banyak, ini bumiayu semakin berkembang dan menjadi wadah bagi para warga bumiayu yang ingin menyampaikan aspirasinya serta menjadi media untuk mengkritik terhadap isu-isu sosial.

Tidak hanya di instagram, ini bumiayu juga aktif di media sosial yang lain seperti di twitter, website, dan facebook. Untuk di twitter ini bumiayu memiliki nama akun yang sama seperti di instagram nya nama akunnya yaitu @inibumiayu, kemudian untuk di website namanya www.jurnalpantura.com dan www.kangentraveling.com. Di facebook ini bumiayu juga memiliki fanspage yang bernama Bumiayu, namun untuk sekarang ini fanspage ini bumiayu di facebook sedang off atau sedang bermasalah tidak bisa digunakan untuk mengupload informasi terbaru. Admin atau founder dari ini bumiayu ada 2 orang, namun untuk yang mengelola dari semua media sosial lainnya seperti website, twitter, dan facebook jumlahnya ada 14 orang.

Baru-baru ini terdapat program terbaru dari @inibumiayu yang bernama market place bumiayu. Market place bumiayu merupakan sebuah terobosan terbaru dari @inibumiayu guna untuk mewadahi para pelaku umkm yang berada di wilayah Bumiayu untuk mempromosikan usahanya. Tetapi tak terbatas hanya untuk pelaku umkm saja, masyarakat bumiayu dan sekitarnya yang ingin mempromosikan atau menjual barangnya bisa melalui market place bumiayu ini.

BACA JUGA :  346 Ronggeng Sing Wajib Disawer

Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada hari Minggu (11/12/2022) dengan salah satu admin dari @inibumiayu, Bayu Raharjo. Ia mengatakan bahwa pada awalnya, program ini diadakan untuk membantu para pelaku umkm yang ingin mengiklankan usahanya namun terkendala dengan keterbatasan biaya. Nah, dengan adanya progam ini dapat membantu para pelaku umkm tersebut agar usahanya lebih dikenal oleh masyarakat luas.
“Untuk pengelolanya masih sama dengan @inibumiayu yaitu para admin dari @inibumiayu karena masih satu manajemen. Market place bumiayu memiliki akun instagramnya sendiri bernama @marketplacebumiayu dan juga terdapat di WhatsApp Grupnya bernama Market Place Bumiayu. Sejauh ini untuk biayanya masih gratis, karena diperuntukan bagi para pelaku umkm menengah kebawah di wilayah Bumiayu dan sekitarnya”, imbuhnya.

“Atau sebatas kita pengen ngejualin barang bekas punya kita juga bisa gitu, contoh kita punya hp yang ga kepake pengen kita jual ya gapapa gitu ga melulu harus penjual gitu”, lanjut Bayu.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu para pelaku umkm dan masyarakat wilayah Bumiayu dan sekitarnya yang ingin mempromosikan serta menjual produknya agar dilirik oleh banyak orang. **

# penulis adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban Bumiayu

Scroll to top
error: