Persiapan Porprov Jateng, Pengurus KONI Audiensi ke Pj Bupati Brebes

BREBES, smpantura – Pengurus KONI Kabupaten Brebes melakukan audiensi ke Pj Bupati Brebes, Urip Sihabudin, Kamis sore (30/3/2023). Para pengurus KONI Brebes ini, menemui Pj Bupati untuk menyampaikan laporan persiapan kontingen Kabupaten Brebes untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng yang akan dilaksanakan pada 5-11 Agustus di Pati Raya.

Rombongan pengurus KONI Brebes yang dipimpin Ketua KONI Abdul Ari As’saad ini, ditemui langsung Pj Bupati Brebes, di ruang kerjanya. Sekitar satu jam keduanya melakukan pertemuan.

“Kami memang sudah lama mengajukan waktu untuk audiensi dengan Pj Bupati Brebes, terkait persiapan Porprov Jateng, dan baru kali ini bisa terwujud,” ungkap Ketua KONI Brebes, Abdul Aris As’saad, usai audiensi.

Dia mengungkapkan, dalam pertemuan itu, selain melaporkan persiapan kontingen Brebes untuk porprov, pihaknya juga menyampaikan berbagai masalah atau kendala yang dihadapi. Salah satunya, menyangkut anggaran untuk Kontingen Brebes di Porprov nanti. “Alhamdulilah, tadi pak Pj merespon positif terkait persiapan Porprov, termasuk kendala yang dihadapi KONI Brebes. Pak Pj juga mengajak bersama-sama untuk mencari solusi dari kendala ini,” ungkapnya.

Menurut dia, kontingen Brebes dalam Porprov nanti beranggotakan 232 personel. Terdiri dari 114 atlet, 31 pelatih, 13 official, dan sisanya merupakan pendukung, termasuk panitia lokal dan sopir. Dalam Porprov Jateng, ada 22 cabang olahraga di Brebes yang lolos. Dari jumlah itu, terget perolehan medali sebanyak 12 emas, 13 perak dan 19 perunggu. “Dari target ini, memang berat untuk mencapai target posisi di 15. Namun demikian, kami tetap optimis dan semangat,” terangnya.

BACA JUGA :  Ganis Faruqi Menarik Diri dari Pencalonan Ketua KONI Brebes, Ini Alasannya

Lebih lanjut dia mengatakan, target posisi di 15 besar itu, merupakan target dari pengurus lama yang diwariskan ke pengurus KONI saat ini. Di sisi lain, Tahun 2023 yang didalamnya akan dilaksanakan Porprov Jateng, KONI Brebes hanya mendapat dana hibah sebesar Rp 3 miliar. Sementara di tahun 2022 yang tidak ada gelaran Porprov, KONI Brebes menerima dana hibah Rp 3,8 miliar. “Dengan alokasi anggaran Rp 3 miliar ini, memang sangat jauh dari harapan kami. Namun demikian, kami tetap akan berupaya sebaik mungkin, termasuk melobi sejumlah pengusaha agar bisa membantu KONI Brebes,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Urip Sihabudin mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas laporan persiapan Porprov Jateng yang disampaikan Pengurus KONI Brebes. Keterbatasan anggaran memang menjadi salah satu kendala. Untuk itu, pengurus KONI dan Cabang Olahraga, harus bisa kreatif untuk menarik dana perusahaan bagi membantu Kontingen Brebes ini. “Terkait kecilnya anggaran ini, kami akan berkoordinasi dengan SKPD agar bisa memperoleh solusinya,” ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam menghadapi Porprov Jateng, paling utama adalah bagaimana kesiapan cabang olahraga. Kemudian, kesiapan pembentukan tim di tingkat cabang olahraga, termasuk memilih pelatih, dan mengawan training center. “Dengan kondisi anggaran yang terbatas ini, kami minta cabang olahraga bisa kreatif menggalang bantuan dana, dan tidak hanya anggaran KONI. Tak kalah pentingnya adalah perkuat sport intelejen. Kami berharap apa yang telah ditargetkan dalam Porprov ini bisa tercapai,” pungkasnya. (T07_re)

Scroll to top
error: