Program Pengabdian Masyarakat Internasional dan Visiting Profesor di Thailand

TEGAL, smpantura – Program Pengabdian Masyarakat Internasional dan Visiting Profesor, yang diinisiasi Thai Global Business Administration Technological College (TGBATC) Thailand, bekerjasama dengan Ahli Dosen Republik Indonesia (ADRI) Jateng, menarik minat akademisi lima perguruan di Indonesia. Juga dari Thailand dan India.

Ketertarikan para dosen dan pimpinan perguruan tinggi ikut dalam kegiatan tersebut, salah satunya berkait dengan program perguruan tingginya sebagai realisasi pilar program internasional.

Hal itu dinilainya pula, cukup dapat mendongkrak kapabilitas dan kualitas lembaga pendidikannya serta para dosennya.

”Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dan ADRI Jateng, memiliki program internasional. Mulai dari pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, seminar, pengabdian masyarakat dan visiting profesor dengan sejumlah perguruan tinggi luar negeri. Karena itulah, saat di Thailand ada yang menginisiasi kegiatan ini, kami beserta enam dosen dari empat fakultas dan prodi pascasarjana, tertarik mengikuti kegiatan ini,” terang Rektor UPS Tegal Dr Taufiqullah MHum yang juga Ketua ADRI Jateng.

Untuk dosen dari empat fakultas di perguruan tingginga, yang mengikuti kegiatan tersebut, Dr Fajar Sri Sudewo SH MH (Fakultas Hukum), Prof Dr Sitti Hartinah DS MM dan Dr Soesi Idayanti SH MH (Pascasarjana), Dr Dien Noviyani R (Fakutas Ekonomi dan Bisnis), Dr Agus Wibowo ST MT (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer ). Kemudian dua dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr Yoga Prihatin MPd dan Ihda Rosdiana MHum.

BACA JUGA :  SD Ihsaniyah 1 Pusaka Berbagi Kebahagiaan di Bulan Penuh Berkah

Sementara itu, Program Pengabdian Masyarakat Internasional dan Visiting Profesor, bekerjasama dengan ADRI Jateng, dan melibatkan lima perguruan tinggi Indonesia.

Yakni, UPS, UGJ, UMAHA, Univet Semarang, dan Universitas Kristen Maranatha Bandung. Sedangkan perguruan tinggi luar negeri yang bergabung dengan kegiatan itu, selain TGBATC Thailand, juga EIILM Kolkata India.

Kegiatan tersebut dibuka Direktur TGBC Thailand, Dr Prattana Srisuk dan Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum. mulai Jumat (4/11) hingga Senin (7/11).

Untuk pengabdian masyarakat internasional dimulai dengan penanaman pohon, cultural visit, belajar budaya Thailand di Thai Learning Center, pembuatan pot daur ulang, diskusi berkait pendidikan dan kebudayaan.

Sedangkan Visiting Professor atau Lecturers, keenam dosen dari UPS Tegal, mempresentasikan penelitian atau pengabdian dari berbagai macam disiplin ilmu.

Mulai dari ekonomi, hukum, pendidikan dan teknik. Visiting Professor tersebut, selain dihadiri para dosen dan mahasiswa dari Thai Global Business Administration Technological College, dan Suan Dusit University, Thailand, juga dari EIILM Kolkata India. (T02-Red)

Scroll to top
error: