Sat Polairud Polres Brebes Cek Kesehatan Nelayan, Ini Tujuannya

BREBES, smpantura – Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Brebes Polda Jateng melaksanakan Pengecekan Kesehatan Berlayar (CKB) kepada sejumlah nelayan yang hendak melaut. Kegiatan ini digelar bersama tim kesehatan di Puskesmas Pembantu (Pustu) desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, Rabu (24/5/2023).

“Sebanyak 10 orang nelayan kita laksanakan pengecekan kesehatan. Dan hasilnya kondisi fisik sehat dan baik,” kata Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq melalui Kasat Polairud Kompol Sutikno.

Sutikno mengatakan, Cek Kesehatan Berlayar bertujuan mengurangi angka kejadian nelayan sakit yang dapat berujung kematian.

“Adapun pengecekan kesehatan yang dilakukan antara lain pengecekan tekanan darah (Tensi), cek kadar oksigen didalam darah (Oximeter) dan riwayat kesehatan serta kondisi fisik,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut instruksi dari Dir Polairud Polda Jateng terhadap banyaknya Anak Buah Kapal (ABK) yang meninggal dikarenakan sakit saat melakukan aktivitas melaut. Dari data yang ada, kejadian meninggalnya nelayan saat melaut dikarenakan sakit yang di wilayah Kabupaten Brebes hanya ada 1 kasus kejadian. Itu terjadi pada 16 Januari 2023. Dimana menimpa seorang ABK, Kadri (60) warga Desa Grinting Kecamatan Bulakamba yang saat itu tengah beraktifitas melaut dengan Kapal KMN Sinar Jaya diperairan Laut Sumatra.

BACA JUGA :  Disayangkan, Kendaraan Overload Melintas FO Kretek

“Saat kejadian yang bersangkutan mengeluh sakit pinggang kepada sesama ABK. Kemudian saat melaksanakan aktifitas terjatuh dan meninggal dunia. Kejadian tersebut dilaporkan pada petugas jaga pada tanggal 17 Januari 2023,” terangnya.

Adanya kejadian tersebut, lanjut Sutikno diantaranya adalah faktor ketidakpedulian dari nelayan terhadap kondisi kesehatannya. Nelayan seharusnya berangkat melaut dalam kondisi kesehatan prima. Ketika sakit atau dalam kondisi sakit serta mempunyai penyakit menahun tidak memaksakan berangkat melaut.

“Oleh karena dengan kegiatan CKB ini diharapkan dapat meminimalisir kejadian meninggalnya nelayan saat melaut,” pungkasnya. (T07-Red)

Scroll to top
error: