33 Tahun Wafat, Haul KH Zainal Arifin Masih Memberikan Manfaat

SLAWI, smpantura – Sejak tahun 1992, KH Zainal Arifin mulai dilaksanakan Haul pertama di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Demangharjo, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal. Hingga Haul ke-33 KH Zainal Arifin masih memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

Haul mantan Anggota MPR RI itu, menjadi berkah bagi warga sekitar yang berjualan beraneka ragam kebutuhan masyarakat. Masyarakat sekitar ikut kecipratan rezeki, karena haul mubaligh kondang asal Desa Demangharjo itu, selalu dipadati ribuan orang. Sekitar seratusan pedagang kaki lima yang membuka lapaknya, kebanjiran pengunjung. Mereka datang dari berbagai daerah untuk mendoakan ulama besa KHr Zainal Arifin yang merupakan ayah kandung dari H Ahmad Tubagus Fahmi.

Haul itu juga dihadiri Ketua Umum Badan Pengurus Masjid Agung Kabupaten Tegal Hasan Munawar, dan sejumlah ulama dari berbagai daerah. Termasuk juga dihadiri KH Fikri Haikal MZ dari Jakarta selaku mauidloh hasanah.

“Ini merupakan Haul ke 33. Semasa hidupnya, KH Zainal Arifin merupakan tokoh regional di Jateng, Aktif juga di organisasi NU,” katanya.

Karirnya dimulai sejak almarhum ayahnya menjabat sebagai Ketua IPNU Cabang Kudus pada tahun 1968. Kemudian pada 1975-1989 ayahnya menjadi Ketua Jam’iyah Cabang Tegal.

BACA JUGA :  RSI PKU Muhammadiyah Tegal Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

“KH Zainal Arifin adalah tokoh yang aktif di PPP) dimulai dari tahun 1973 sampai wafatnya. Beliau sempat juga menjabat anggota MPR-RI melalui PPP sejak tahun 1987 namun belum genap 5 tahun menjabat Allah SWT berkenan memanggil beliau ke pangkuan-Nya. Tepatnya pada hari Selasa 18 Juli 1991 di Jakarta,” kata Tubagus yang merupakan anak keempat dari KH. Zainal Arifin.

Untuk mengenang jasa-jasanya, lanjut Tubagus, maka para ulama bersepakat mengadakan Haul yang kemudian disambut baik oleh keluarga Almarhum. Maka sejak 1992, Haul pertama diselenggarakan secara sederhana di makbarah, karena pada masa itu menjelang Pemilu Tahun 1992. Haul Kedua dilaksanakan pada 1993 dan dihadiri ribuan jamaah dari berbagai daerah seperti Tegal, Pemalang, Brebes dan sekitarnya.

“Kala itu, pembicaranya Al Habib Syekh Bin Ali Al Jufri. Sedangkan Haul ketiga, dihadiri oleh KH. DR. Idham Chalid (Mantan Ketua PBNU).

Haul kali ini, KH Zainal Arifin juga dihadiri ribuan orang dari berbagai daerah. Selain dari Kabupaten Tegal, juga dari Kota Tegal, Brebes, Pemalang dan Pekalongan.

“Mereka datang beramai-ramai ke acara Haul ini untuk mendoakan almarhum ayah kami,” katanya. (T05_Red)

Scroll to top
error: