Banjir Terjang Pemukiman di Kecamatan Jatibarang, Ini Penyebabnya

BREBES, smpantura – Sejumlah rumah dan bangunan fasilitas umum serta tempat ibadah di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, diterjang banjir, Rabu sore (4/1/2023). Ini terjadi menyusul hujan lebat yang menyebabkan Sungai Cibiyuk meluap.

Banjir mulai menggenangi pemukiman penduduk di wilayah tersebut, sekitar pukul 16.00. Selain rumah warga, sebuah masjid juga ikut kebanjiran.

Sekertaris Camat Jatibarang, Eko Setyawan mengatakan, dari data yang dihimpun jajarannya, ada enam desa yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Cibiyuk. Yakni, Desa Jatibarang Kidul, Jatibarang Lor, Kemiriamba, Klikiran, Tegalwulung dan Desa Karanglo.

“Ketinggian banjir ini bervariasi, ada yang satu meter, dan paling parah hingga dua meter,” terangnya.

BACA JUGA :  Nur Nadlifah Sidak Penyaluran THR Buruh Pabrik di Brebes, Ini Hasilnya

Akibat banjir tersebut, kata dia, sejumlah warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Hingga malam ini, pihaknya bersama anggota Polri, TNI dan unsur lainnya masih menangani dampak banjir tersebut.

“Kalau total rumah yang terendam masih kami data. Bahkan, di Desa Kemiriamba, warga yang terdampak mengungsi di balai desa setempat,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, banjir juga sempat membuat arus lalu lintas terganggu. Bahkan, sejumlah kendaraan roda dua ataupun roda empat mogok akibat menerjang banjir.

“Akses jalan banjir tinggi, banyak mobil yang mogok akibat menerjang banjir,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: