Bupati Tegal Terima Penghargaan Satyalancana Dharma AKMY 2022

SURAKARTA, smpantura – Bupati Tegal Umi Azizah dianugerahi penghargaan Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha dari Pengurus Nasional Karang Taruna.

Anugerah ini diberikan kepada Bupati Tegal yang dinilai mampu menumbuhkan karya bakti dan pengabdian sosial generasi muda pada keikutsertaannya membangun kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Didik Mukrianto kepada Bupati Umi pada rangkaian Puncak Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Nasional (BBKTN) Tahun 2022 di Balai Kota Surakarta, Rabu (30/11) malam.

Dalam sambutannya Didik mengatakan organisasi kepemudaan karang taruna lahir dari permasalahan kondisi sosial masyarakat. Pemuda Karang Taruna terus bergerak menghimpun potensinya untuk membantu menanggulangi kemiskinan, pengangguran, keterbelakangan sosial hingga peredaran narkoba.

Hal ini sejalan dengan tema bulan bakti tahun ini yaitu konsisten mengabdi untuk negeri dan tujuan penyelenggaraan Rakernas Karang Taruan yang digelar pada Selasa (29/11), antara lain meningkatkan semangat kepedulian, gotong royong dan kesetiakawanan sosial.

“Kader Karang Taruna terus kita dorong agar mampu berperan menjadi perekat sosial, penyambung solidaritas dan penjaga moral serta karakter bangsa yang tentunya semua ini dilakukan bersama-sama, berkolaborasi dengan pemerintah, dengan pemangku kepentingan lainnya,” kata Didik.

Di era ekonomi digital ini, pihaknya juga terus mendorong peran dan tumbuhnya kader-kader wirausahawan pemuda Karang Taruna sebagai motor penggerak kemandirian ekonomi dan solusi berbagai persoalan kepemudaan.

BACA JUGA :  Cek Kesiapan Pemilu, Pj Gubernur Jateng Kunjungi KPU Brebes

Bahkan untuk ini, pengurus di tingkat nasional telah membentuk akademi Karang Taruna sebagai kawah candradimuka untuk mencetak socialpreneur atau pengusaha berwatak sosial dan social leader atau pemimpin yang berjiwa sosial dan tulus melayani rakyat.

Pada kesempatan ini, berlangsung pula peluncurkan platform marketplace, database digital dan produk ekonomi kreatif kopi katarina.

Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang mengatakan bahwa di era industri 4.0, peluang pemuda untuk meraih kesejahteraan sosial sangat terbuka. Sebab penguasaan literasi digital pemuda pastinya lebih baik ketimbang generasi sebelumnya.

Sementara itu, hadir pula Walikota Surakarta yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Nasional Gibran Rakabuming Raka.

Ditemui usai menerima penghargaan ini, Bupati Tegal Umi Azizah yang hadir didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal Edi Sulistiyanto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pemuda Karang Taruna Kabupaten Tegal yang terus bekerja dan bersinergi mendukung upaya pemerintahannya menanggulangi persoalan kesejahteraan sosial.

“Saya dedikasikan penghargaan ini untuk anak-anak muda Kabupaten Tegal, terutama kader pemuda Karang Taruna yang sudah memberikan sumbangsihnya, karya nyatanya dalam menggali kreatifitas pemuda, dari menumbuhkan sisi ekonomi kreatif hingga penguatan kelembagaan,” kata Umi. (T04-Red)

Scroll to top
error: