Dampak Tragedi Kanjuruhan, 7 Gelaran Liga Seng di Brebes Dihentikan Sementara

 

BREBES, smpantura – Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, yang memakan korban ratusan jiwa pada Sabtu (1/10) lalu, berdampak terhadap seluruh event sepakbola yang tengah berjalan di Kabupaten Brebes. Sebanyak tujuh open turnamen sepakbola atau dikenal dengan sebutan Liga Seng terpaksa dihentikan sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan kompetisi dan open turnamen di Kabupaten Brebes paska tragedi Kanjuruhan, Kamis (6/10), di ruang rapat Sekda Brebes. Rakor yang dipimpin langsung Sekda Brebes, Djoko Gunawan, diikuti Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Caridah, Ketua KONI Brebes Ahmad Zaeni, Sekretaris Askab PSSI Brebes Heri Fitriansyah dan jajarannya, serta pengurus Persab Brebes.

Sekretaris Askab PSSI Brebes, Heri Fitriansyah mengatakan, dampak dari tragedi Kanjuruhan, ada 7 gelaran Liga Seng yang tengah berjalan terpaksa dihentikan sementara. Ketujuh ‘Liga Seng’ itu berlokasi di Kecamatan Brebes dua titik, Kecamatan Ketanggungan, Larangan, Tanjung, Banjarharjo dan Bantarkawung. Askab PSSI Brebes awalnya menghentikan ‘Liga Seng’ itu, selama 1 minggu sebagai bentuk rasa solidaritas atas tragedi di Kanjuruhan. Seluruh kegiatan turnamen dihentikan sejak 2-9 Oktober 2022. Semestinya mulai 10 Oktober, gelaran Liga Seng akan kembali dilaksanakan. Namun dari hasil rakor kali ini, semua pelaksanaan Liga Seng dihentikan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. “Keputusan ini atas dasar instruksi Polda Jateng, sesuai apa yang disampaikan Kapolres Brebes dalam rakor tadi. Hal ini menyangkut kondusifitas daerah,” ungkapnya usai rakor.

Selain open turnamen, kata Heri, kompetisi resmi PSSI baik tingkat kabupaten dan provinsi juga terkena imbas tragedi Kanjuruhan tersebut. Kompetisi Liga 3 Jateng yang saat ini tengah berlangsung, dimana Persab Brebes masuk dalam Grup A, juga dihentikan sementara. Hal itu sesuai surat resmi dari Asprov PSSI Jateng. Bahkan, dua gelaran Liga Seng di Brebes yang hanya menyisakan empat pertandingan terakhir juga tetap harus dihentikan. “Karena itu, kami dalam rakor berharap ada solusi terbaik terkait open turnamen ini,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ratusan Atlet Siap Berlaga di Krapprov di Bupati Brebes Cup III 2022

Sekda Brebes, Djoko Gunawan mengatakan, rakor yang melibatkan Pemkab, Polrestelah, KONI dan askab PSSI dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dalam menentukan langkah ke depan. Bahkan, dalam rakor juga telah membentuk tim kecil untuk menyikapi open turnamen tersebut. Sehingga diperoleh konsep atau rumusan agar kedepannya open turnamen bisa tetap dilaksanakan dalam satu wadah. “Kedepannya kami harapkan open turnamen atau tarkam ini ada satu wadah, baik itu bentuknya liga atau yang lain. Sehingga, kegiatan ini secara pengamanannya juga lebih
mudah,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febianto mengatakan, dalam rakor tersebut pihaknya bersama Pemkab Brebes, KONI dan PSSI bersama-sama memikirkan kedepannya agar ada satu wadah untuk gelaran open turnamen. Artinya, open turnamen yang biasa dilaksanakan di beberapa wilayah akan dijadikan satu. Sehingga pengamanan yang diberikan baik dari Polri maupun TNI lebih mudah. “Kalau untuk sementara waktu ini kan sudah jelas, semua kegiatan sepakbola sementara dihentikan. Termasuk, untuk open turnamen yang sedang berjalan. Itu kan masuk kegiatan sepakbola. Ini sesuai instruksi dari pimpinan kami,” pungkasnya. (T07_red)

Berikut 7 Liga Seng di Brebes yang sedang bergulir dan dihentikan sementara :

1. GNPK RI Cup th 2022 di desa Kedunguter Kec. Brebes.

2. Terlangu Open di Desa Terlangu Kec. Brebes.

3. Gapoktan Cup th 2022 Desa Dukuh Tengah Kec. Ketanggungan.

4. Kemurang Putra Cup th 2022 di Desa Kemurang Kulon Kec. Tanjung.

5. Persepa Cup th 2022 desa Pamulihan Kec. Larangan.

6. Pemuda Pancasila Ranting Dukuh jeruk Cup th 2022 desa Dukuh jeruk Kec. Banjarharjo.

7. Pancasila Cup th 2022 Dukuh Buaran Desa Pangebatan Kec. Bantarkawung.

(sumber : Askab PSSI Brebes)
Scroll to top
error: