Disiapkan Anggaran Rp 20,8 Miliar untuk Perbaikan Jalan Kretek – Kaligua

BUMIAYU, smpantura– Pemkab Brebes menyiapkan anggaran sebesar Rp 20,8 miliar untuk perbaikan jalan Kretek-Kaligua yang akan dilaksanakan pada 2023 mendatang.

“Kerusakan jalan Kretek-Kaligua diperbaiki tahun depan. Anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023 sebesar lebih kurang Rp 20,8 miliar, ” kata Kepala UPT DPU Wilayah Bumiayu, Andi Aziz Amin Amrulloh, Rabu (21/12)

Jalan Kretek-Kaligua merupakan ruas jalan Kabupaten. Ruas sepanjang 14 kilometer ini menghubungkan Desa Kretek dengan Pandansari. Selain menjadi jalur ekonomi warga, juga menjadi jalur wisata menuju Telaga Ranjeng dan Kebun Teh KaliguaDari pantauan, kerusakan jalan terparah berada di wilayah Sijampang, Desa Ragatunjung. Kondisinya berlubang dan lapisan aspal mengelupas.

Menurut Andi, dari total Panjang jalan 14 kilometer, baru 3,2 kilometer yang kondisinya bagus dengan cor beton.”Kondisi jalan yang bagus ini merupakan hasil penanganan di tahun 2020 dan 2022 (APBD Perubahan-red),” kata Andi.

BACA JUGA :  Rumah Rusak Akibat Tanah Bergerak Bertambah, Puluhan Keluarga Mengungsi

Anggaran Rp 20,8 yang disiapkan di tahun 2023, lanjut Andi, akan dialokasikan untuk menangani sisa kerusakan jalan.”Kita belum mengetahui gambarnya. Tapi diupayakan bisa mengcover semua titik rusak,” kata dia. Selain penanganan jalan, anggaran tersebut juga untuk perbaikan bangunan pelengkap seperti drainase.”Saluran drainase merupakan salah satu bangunan pelengkap pada ruas jalan yang berfungsi untuk mengalirkan air sehingga badan jalan tetap kering dan tidak mudah rusak,” ujarnya.

Pegiat LSM, Sholehudin Asro, mengatakan, penanganan jalan Kretek-Kaligua harus komprehensif. Artinya, selain penanganan badan jalan, drainasenya juga harus dibangun.”Kalau drainasenya tidak dibangun, jalan akan selalu mengalami kerusakan,” ujarnya. Oleh karena itu, pihaknya berharap anggaran Rp 20,8 miliar yang akan digelontorkan harus dimaksimalkan dengan baik.”Badan jalan dan drainase harus ditangani,” katanya.(T06-red)

Scroll to top
error: