Dosen Poltek Harber Ajak Siswa SMAN 1 Pagerbarang Pemrograman 

TEGAL, smpantura – Dosen Prodi D3 Teknik Eletronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal, ajak 33 siswa dan tiga guru SMAN 1 Pagerbarang, untuk belajar dasar bahasa pemrograman Arduino Integrated Development Environment (IDE), Jumat (9/12).

Ketua Prodi D3 Teknik Elektronika Poltek Harber, Qirom memaparkan manfaat belajar bahasa pemrograman Arduino IDE dengan menampilkan contoh robot transporter dan aplikasi control smart home.

Termasuk dilanjutkan pengenalan dasar board Arduino Uno dan software Arduino IDE, dengan praktik membuat aplikasi traffic light dengan menggunakan LED.

“Kami bermaksud mengajarkan tentang tipe data dan struktur dasar program Ardino IDE. Setelah itu siswa dikenalakan dengan sensor DHT untuk mengukur suhu dan kelembaban. Pada praktik ini siswa belajar menambahkan library dan menampilkan data di serial monitor,” kata Qirom.

Kemudian, Qirom bersama tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) juga kenalkan program Liquid Crystal Display (LCD).

Pada bagian ini siswa belajar mengenal karakter LCD, menuliskan karakter dengan set cursor dan membuat running teks ke kanan atau kiri.

BACA JUGA :  Poltek Harber Terapkan Good University Governance

“Terakhir ditutup dengan materi buzzer. Pada materi ini, siswa tidak hanya belajar menyalakan buzzer sebagai indicator alarm saja, tetapi belajar membuat nada dengan contoh adalah nada music suwe ora jamu,” ujar Qirom.

Kepala sekolah SMAN 1 Pagerbarang, Akhmad Toibin, mengapresiasi Poltek Harber yang telah mengajarkan ilmu aplikatif kepada para siswa didiknya untuk menunjang perkembangan teknologi 4.0.

“SMA N 1 Pagerbarang siap menerima kerjasama positif untuk saling menguatkan dunia pendidikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Waka Kurikulum SMAN 1 Pagerbarang, Budi Ajar Supriyono menyampaikan bahwa materi tersebut sangat bermanfaat dalam mengembangkan skill yang tidak dipelajari di sekolah.

“Dari pelatihan ini anak-anak akan dapat membuat aplikasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

“Ketika anak-anak tertarik mempelajari lebih dalam dunia pemrograman dan ahli, banyak lowongan pekerjaan dengan bayaran tinggi” kata Kepala Lab Komputer SMAN 1 Pagerbarang, M Khafid Pramono. (T03-red)

Scroll to top
error: