DPRD Brebes Jadi 5 Terbaik Penerapan Pelayanan Digital di Jateng

BREBES, smpantura – DPRD Kabupaten Brebes berhasil menjadi lima terbaik dalam pelayanan publik dengan memanfaatkan digitalisasi di Jawa Tengah.Hal itu terungkap saat penganugerahan penghargaan AMSI Jateng Digital Award 2022 yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah di Poncowati Room, Patra Convention Hotel Semarang, Rabu malam (21/9).

AMSI Jateng Digital Awards 2022, dibuka Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Di kategori DPRD di Jawa Tengah, DPRD Kabupaten Brebes berhasil menduduki urutan pertama sebagai nominasi penerimanya. Empat nominasi lainnya antara lain DPRD Provinsi Jateng, Kota Salatiga, Kota Semarang, dan Kota Surakarta.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Tobidin Sarjum usai menerima penghargaan mengatakan, nominasi itu merupakan bentuk pengakuan dari organisasi media siber terhadap pelayanan publik yang sudah dilakukan insitusinya. Utamanya pelayanan publik melalui penerapan digitalisasi. Terpilihnya DPRD Kabupaten Brebes merupakan prestasi yang membanggakan, karena 4 nominasi lainnya justru berasal dari kota-kota besar di Jawa Tengah. “Kami satu-satunya nominasi DPRD kabupaten di Jateng. Mudah-mudahan ini akan semakin memicu dan memacu pelayanan publik di DPRD Kabupaten Brebes agar semakin berkualitas,” kata politisi yang juga ketua DPD PAN Kabupaten Brebes ini.

Ketua AMSI Jateng, Ahmad Nurkholis mengatakan, penghargaan itu ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada lembaga-lembaga instansi baik pemerintah maupun swasta atas penggunaan teknologi digital dan melek teknologi. Penerima penghargaan maupun nominasi AMSI Jateng Digital Award itu, tidak dipungut biaya alias gratis dengan dukungan penuh dari berbagai pihak seperti SUKUN, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Bank Jateng.”Awarding ini dilakukan tanpa pungutan biaya, tentunya dengan unsur penilaian yang sangat jelas dan tools yang sudah teruji dan dilakukan oleh tim terlatih,” tandasnya.

BACA JUGA :  Anjing Liar Meneror Salem, Puluhan Kambing Mati Dimangsa

Menurut dia, ada tiga penilaian yang dilakukan. Yakni, berdasarkan pengelolaan website dan dua media sosial yakni YouTube dan Instagram dengan aspek penilaian berupa viewers, traffic dan engagement atau umpan balik yang dilakukan selama satu bulan. Tim penilai merupakan pakar-pakar media digital yang dimiliki oleh media siber anggota AMSI yang dimotori oleh Media Solopos. Keputusan pleno dilakukan oleh para pemimpin redaksi dari berbagai media siber dan anggota AMSI Jawa Tengah. “Kami berharap melalui event ini, masyarakat semakin maju dalam penggunaan teknologi digital dan di era digital seperti sekarang mau tidak mau kita harus menyesuaikan apa yang ada didalamnya bersama komunitas digital,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, mengapresiasi event AMSI Jateng Digital Award yang diselenggarakan sebagai upaya memicu semangat pemerintah, perusahaan, universitas dalam penggunaan digital untuk pelayanan publik.”Kami ucapkan selamat dan terimakasih kepada AMSI Jateng, AMSI Pusat dan seluruh AMSI Indonesia, terutama AMSI Jateng yang menyelenggarakan award kepada pemerintahan, perusahaan, universitas dan sebagainya. Ini akan memicu semangat kita untuk menggunakan digital dalam pelayanan kepada publik agar mudah dan bisa diakses oleh masyarakat,” pungkasnya. (T07_red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: