Duh, Puluhan Hektare Sawah di Paguyangan Diserang Hama Tikus

BREBES, smpantura – Puluhan hektare sawah di Desa Kretek, Kecamatan Paguyungan, Brebes, diserang hama tikus.

Serangan organisme pengganggu tanaman tersebut menimbulkan kerugian bagi petani karena gagal panen.

Petani setempat, Darmo, mengatakan, serangan hama tikus sudah sudah berlangsung lebih dari sepekan.”Kondisi pertanian di desa kami sedang tidak baik baik saja. Saat ini sedang terjadi serangan hama tikus,” kata dia.

Menurut Darmo, ada puluhan petak sawah dengan kondisi tanaman padi yang sedang mengisi bulir mengalami kerusakan parah akibat serangan hama tikus.

Petak sawah yang diserang hama tikus tampak gundul pada bagian tengah. Sedangkan tepian terlihat normal atau tetap berbuah.”Saat ini ada puluhan hektare sawah terdampak hama tikus. Melihat kondisinya, bisa dipastikan gagal panen,” kata dia.

BACA JUGA :  3.248 Botol Miras Dimusnahkan Jelang Tahun Baru 2024

Darmo berharap ada bantuan penanganan dari dinas terkait untuk membasmi hama tikus.”Selain hama tikus, juga ada hama merah (wereng),” ujarnya.

Petani lainnya, Robi, mengatakan, seperempat hektare sawah miliknya rusak oleh hama tikus.”Tidak ada yang bisa dipanen,” katanya.

Menurut dia, serangan hama tikus juga menyerang sawah di desa tetangga, Wanatirta. “Kalau ditotal ada ratusan hektare sawah yang terdampak hama tikus,” kata dia.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengendalikan hama pertanian padi tersebut. Mulai dari membersihkan lingkungan /saluran irigasi hingga memberi umpan racun untuk membasmi tikus.

Namun upaya itu tak mengurangi populasi tikus di lahan pertanian.”Sekarang ini para petani hanya bisa pasrah menghadapi serangan hama tikus ini,” kata dia.(T06_Red)

Scroll to top
error: