Elemen Masyarakat Diharapan Sukseskan Bulan Dana PMI Pemalang

PEMALANG, smpantura – Bupati Pemalang, Mansur Hidayat meminta pada semua unsur masyarakat untuk ikut mensukseskan program bulan dana PMI Pemalang tahun 2024. Dana yang terkumpul selanjutnya dikelola dan selanjutnya dikembalikan pada masyarakat untuk membantu kepentingan kemanusiaan.

“Pemerintah daerah memberikan penghargaan yang tinggi kepada PMI Kabupaten Pemalang, yang secara rutin menyelenggarakan kegiatan bulan dana PMI. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian sosial sekaligus partisipasi masyarakat terhadap upaya upaya kemanusiaan,” ujar Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Selasa (11/6) saat memberikan sambutan dalam bulan dana PMI Pemalang.

Dia mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan bulan dana, dari mulai pencanangan sampai penutupan nanti berjalan dengan lancar dan dana yang terkumpul dapat dikelola secara optimal untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan PMI. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan. Sejak awal PMI telah menjadikan diri sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam membantu memberikan pelayanan kesehatan dan sosial kemanusiaan. Hal itu terutama di bidang kesiapsiagaan penanggulangan bencana. Selain itu PMI juga memberikan pelayanan sosial, penyediaan darah dan pembinaan keterampilan hidup sehat bagi pelajar dan remaja.

“Kita tahu bahwa, berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan PMI selama ini dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk mempertahankan peran dan eksistensi organisasi PMI ini, tentunya membutuhkan dukungan dan partisipasi seluruh pihak,” tandasnya.

BACA JUGA :  Usung Perubahan, APT Ambil Formulir Cawabup di PDI Perjuangan

Ia mengatakan, perhatian dan bantuan dari pemerintah daerah, PMI juga diberi wewenang untuk menggali sumber pendanaan guna menghimpun sumbangan dari seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Pemalang, melalui penyelenggaraan bulan dana. Bulan dana yang diselenggarakan setiap tahun, merupakan salah satu cermin kehidupan kemanusiaan yang suka tolong menolong dan bergotong royong. Masyarakat yang kuat untuk membantu yang lemah dalam rangka meringankan penderitaan sesama. Sehubungan dengan hal itu, diperlukan adanya jiwa sosial untuk membantu sesama secara sadar dan ikhlas. Susun dan tata mekanisme serta penentuan sasaran dan besaran secara akurat, sehingga hasilnya betul-betul dapat mencapai target. Pengelolaan dana dengan baik, transparan dan akuntabel untuk kegiatan kepalangmerahan. Sehingga citra positif masyarakat tetap terjaga. Karena sejatinya dana yang terhimpun tersebut harus dikembalikan dalam bentuk kegiatan dan penyaluran bantuan sosial kemanusiaan kepada masyarakat. Selanjutnya kepada semua penang- gungjawab jalur, pihaknya minta untuk membantu dan mendukung, bekerja keras, dengan dilandasi kesadaran, tanggungjawab dan keikhlasan. Sedangkan kepada segenap jajaran Pemerintah, BUMD, dunia usaha dan seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang, saya minta partisipasi dari seluruh elemen masyarakat guna mensukseskan bulan dana PMI tahun 2024.(T08-Red)

Scroll to top
error: