Hujan Angin Terjang Kajen, Begini Dampaknya 

KAJEN, smpantura – Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa kawasan di wilayah Kajen dan Karanganyar, Minggu (6/11). Bencana alam ini, membuat belasan pohon tumbang. Bahkan,, beberapa tiang listrik yang berada di pinggir jalan juga ikut tumbang. Keadaan ini juga membuat arus lalu lintas menjadi terhambat.

Tak hanya itu, sejumlah rumah dan bangunan juga ikut rusak akibat tertimpa pohon maupun tiang listrik. Sebuah tenda milik warga yang sedang menggelar acara pernikahan di wilayah Tanjungsari, Kajen, dilaporkan juga ikut ambruk terkena angin besar. Banyak gerobak milik pedagang di kawasan alun-alun Kajen hingga perbatasan Karanganyar rusak parah karena diterjang angin kencang ini.

Pohon tumbang paling besar berada di depan cafe Plat Monkul, Karanganyar. Arus lalu lintas di sekitar tersebut sempat mengalami kemacetan hingga 1,5 km dari arah Karanganyar. Meihat kejadian itu, warga berdatangan untuk membersihkan pohon tumbang dengan alat manual.

BACA JUGA :  Tragedi Petasan Maut di Kota Santri Polisi Tetapkan Tiga Tesangka

Robi, Salah satu warga Desa Tangjungsari, Kecamatan Kajen mengaku terkejut melihat rumahnya berantakan.Sebelumnya dia baru saja pulang dari bepergian dan ketika sampai rumah, gentingnya berantakan dan kabur ke mana mana.

”Hujannya memang snagat deras, ditambah angin sangat kencang.Mungkin ini yang membuat genting rumah kabur ke mana mana,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo membenarkan adanya peristiwa itu, dan pihaknya masih melakukan inventarisir pohon tumbang serta rumah warga yang rusak.

”Kami juga sudah menyebar petugas ke semua titik yang mengalami kejadian ini,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan, AKBP Arief Fajar Satria mengatakan, pihaknya juga langsung melakukan proses evakuasi terhadap pohon tumbang di beberapa wilayah yang mengalaminya. Bahkan dirinya terjun langsung dan memimpin proses evakuasi di sejumlah titik bencana pohon tumbang.

”Bila ada masyarakat yang butuh bantuan segera informasikan kepada kami,” pungkasnya.(P05-red)

Scroll to top
error: