Hujan di Sebagian Kota ,BMKG Menghimbau Tetap Waspada

 

NASIONAL, smpantura – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika menghimbau kepada warga di Indonesia, khususnya kota besar, untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir pada hari Jum’at, (14/10).

Info BMKG menyebutkan, daerah konvergensi memanjang, dari wilayah Aceh hingga Selat Malaka, selanjutnya dari Samudera Hindia Barat Lampung hingga Bengkulu, lalu dari Jambi hingga Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah hingga Utara Jawa Barat, dari Jawa Timur hingga Laut Jawa.

Kemudian bergeser kearah Timur, Laut Jawa hingga Kalimantan Timur Laut Cina Selatan dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara hingga Teluk Tomini, dari Laut Timor hingga Laut Sawu, Papua Nugini hingga Papua Barat dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan dan menimbulkan potensi awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Prakiraan cuaca dari wilayah Sumatera,Pekanbaru diprakirakan berkabut. Sedangkan untuk wilayah Bandar Lampung hujan dengan intensitas ringan. Untuk wilayah Bandung dan Semarang mengalami hujan dengan intensitas sedang.

BACA JUGA :  Peresmian Bersama 14 Mal Pelayanan Publik

Sedangkan untuk wilayah Yogyakarta perlu diwaspadai karena diprakirakan turun hujan dengan intensitas lebat.

Sementara itu di Pulau Kalimantan khususnya wilayah Samarinda, Tanjung Selor, Palangka Raya dan Banjarmasin diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan. Untuk yang berada diwilayah Pontianak diprakirakan hujan berintensitas sedang.

Wilayah Denpasar dan Mataram diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, untuk wilayah kupang diprakirakan cerah berawan. Untuk wilayah Kendari dan Gorontalo, diprakirakan berawan tebal. Wilayah Manado, Palu dan Makkasar cuaca diprakirakan hujan ringan.

Masyarakat yang berada diwilayah Mamuju harap mewaspadai adanya potensi hujan lebat. Untuk wilayah Jayapura, cuaca diprakirakan berawan. Warga yang berada diwilayah Ternate, Ambon, dan Manokwari diperkirakan cuaca akan mengalami hujan, dengan intensitas ringan. (**-Red)

Scroll to top
error: