HUT Kabupaten Brebes ke – 345 Tahun, Ini Rangkaian Kegiatannya

BREBES, smpantura – Kabupaten Brebes pada 18 Januari 2023 nanti, genap berusia 345 tahun. Sederet kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Brebes itu, telah disiapkan Pemkab setempat. Berikut rangkaian kegiatan peringatan HUT Brebes tahun ini.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT Brebes ke-345 itu dilaksanakan sejak awal Januari 2023. Tepatnya, 9 Januari dengan di awali aksi Bakti Sosial. Kegiatan bhakti sosial itu rencananya bakal ditutup pada 27 Januari mendatang. Kegiatannya seperti, Pelayanan Keluarga Berencana pada 24 dan 25 Januari yang dilaksanakan di Puskesmas Kluwut, Ketanggungan, Kutamendala dan Puskesmas Sirampog.

Kemudian, sunatan massal pada 14 dan 21 Januari di RSUD Bumiayu dan RSUD Brebes. Anjangsana panti asuhan dan panti jompo pada 26 dan 27 Januari. Sebelumnya akan digelar pembagian sembako pada 9 Januari. Pembagian sembako direncanakan dilaksanakan di Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung , Losari, Jatibarang, Tonjong, Sirampog, Kersana, Ketanggungan dan Banjarharjo. Kemudian, Salem, Bantarkawung, Bumiayu dan Paguyangan.

Selanjutnya, kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Tenaga Harian Lepas (THL) oleh Baznas pada tanggal 16 Januari di Pendopo Brebes.

Kegiatan lainnya, berupa jalan sehat dan lomba-lomba, yang terbagi dalam empat kegiatan. Yakni, lomba gerak jalan 18 Kilometer pada 10 Januari, dengan garis start dan finish dalam kota Kabupaten Brebes. Selanjutnya, lomba kebersihan desa atau kelurahan dilaksanakan pada paling lambat 17 Januari. Lomba jalan sehat dan bahagia pada 20 Januari start dan finish di Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT).

BACA JUGA :  Baru Selesai, Proyek Lapangan Tenis Indoor Rp 1 M Sudah Rusak

Kegiatan lainnya, Anjangsana ke Mantan Bupati dan Wakil Bupati atau Sekda Brebes pada 8 sampai 11 Januari. Ziarah makam dilaksanakan pada 16 Januari. Yakni, ziarah ke .Makam Mbah Joko Poleng, Makam Angka Wijaya Losari, Makam Mbah Rubi, Makam Almarhum Bupati Tajudin Nuraly, Makam Syekh Junedi. Sedangkan tim dua, ke Makam Mbah Joko Poleng, Makam Kyai Satori, Makam Kalisoka dan Makam Suro.

Puncak rangkaian peringatan, dilaksanakan pada 17 dan 18 Januari, meliputi, sarasehan, resepsi, upacara yang dilaksanakan dengan penyerahan pataka simbol daerah, serta tari penyambutan.

Usai kegiatan puncak peringatan, sederet acara juga akan dilaksanakan. Yakni, penanaman pohon di Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT). Hiburan Rakyat dan Pasar Malam yang dilaksanakan sejak 29 Desember hingga 21 Januari, kompleks GOR Brebes.

“Rangkaian kegiatan HUT Brebes ini sudah mulai dilaksanakan, salah satunya hiburan rakyat dan pasar malam,” ujar Ketua Panitia Peringatan HUT Kabupaten Brebes ke-345, Subandi saat pres rilis, Senin (9/01/2023). (T07_red)

Scroll to top
error: