Jumlah Pemilih Pemula di Brebes Capai 31.555

BREBES, smpantura – Jumlah Pemilih Pemula saat Pemilu 2024 di Kabupaten Brebes mencapai 31.555. Sedangkan untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes memprediksi diangka 1,6 juta.

Hal itu terungkap saat rapat Evaluasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dilaksanakan KPU Brebes, di Hotel Dedy Jaya Brebes, Senin (19/12/2022). Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan partai politik dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Brebes.

“Berdasarkan data Dindukcapil Brebes, jumlah pemilih pemula pada Pemilu 2024 nanti mencapai 31.555,” ucap Ketua KPU Brebes, M Reza Pahlevi, usai kegiatan.

Dia mengatakan, sampai akhir bulan September lalu, jumlah DPR di Kabupaten Brebes mencapai 1,51 juta pemilih. Kemudian, di awal tahun 2023 nanti pihaknya akan melakukan proses persiapan penetapan DPS. Selanjutnya, setelah KPU menerima DP4 dari Kemendagri akan disinkronkan dengan DPT di bulan September lalu. “Dari pengolahan kedua data ini nantinya akan kami peroleh Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024,” ungkapnya.

Menurut dia, dari data DPS itu, selanjutnya petugas pantarlih di setiap TPS akan mendatangi rumah ke rumah untuk mengecek, apakah data tersebut sudah sesuai atau belum. Apakah ada yang meninggal dunia atau ada yang pindah. Semua itu akan didata kembali sebelum nantinya menjadi DPT.

BACA JUGA :  Rumah Ketua DPRD dan Mantan Bupati Brebes Disasar Petugas Coklit

“Kami harapkan dengan proses ini, data akan semakin valid. Itu karena akan kita gunakan sebagai daftar pemilih Pemilu 2024. Saat ini kita belum bisa menyampaikan karena kita akan sinkronisasikan terlebih dulu DP4 dengan DPT terakhir, kemungkinan di angka 1,6 juta pemilih,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk pemilih pemula merupakan mereka yang lahir maksimal nanti usia 17 tahun pada 14 Februari 2024 mendatang. Untuk mensukseskan, pihak KPU berkordinasi dan berkomunikasi kerjasama dengan pihak Disdukcapil setempat.

“Kendala saat ini yakni respon masyarakat masih sangat minim. Termasuk, laporan tentang masuk keluarnya masyarakat di Brebes masih sangat sedikit. Karena itu, hal ini kami sampaikan kepada partai politik yang berkepentingan dalam pemilihan nanti,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: