Kenakan Baju Daur Ulang, “Thor dan Putri Belle” Ajak Peduli Lingkungan

SLAWI, smpantura – SMA 1 Slawi memamerkan hasil karya siswa dalam acara, gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), bertema gaya hidup berkelanjutan, Kamis (10/11).

Gelar karya yang mengusung topik, Lestari Bumiku , Sehat Hidupku memamerkan kreativitas siswa kelas 10 membuat vertikultur, hidroponik, komposting, poster, slogan, baju daur ulang dari sampah anorganik dan video kampanye gaya hidup berkelanjutan.

Kepala SMA 1 Slawi, Sunarni melalui Koordinator Tim Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan, Nenny Dwi Agustini mengatakan, proyek gaya hidup berkelanjutan merupakan implementasi kurikulum merdeka yang diterapkan pada siswa kelas 10 di tahun pelajaran 2022/2023.

Menurut Nenny, sebelum gelar karya ini, para siswa telah mendapat pelatihan dari guru dan praktisi tentang vertikultur, yang merupakan teknik bercocok tanam diruang/lahan sempit dengan dengan sistem bertingkat, hidroponik , pengelolaan sampah organik dan anorganik serta pembuatan kompos.

“Diharapkan ke depan siswa-siswi lebih peduli terhadap lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, mampu mengelola sampah organik dan anorganik serta memanfaatkan lahan di rumahnya untuk bercocok tanam melalui hidroponik dan vertikultur untuk konsumsi makanan sehat,”jelas Nenny.

BACA JUGA :  Momentum Bangkitkan Nasionalisme dan Semangat Patriotik

Disebutkan, pada semester I ini, kelas 10 melaksanakan dua proyek P5. Sebelumnya, telah dilaksanakan proyek pertama dengan tema kearifan lokal, telah digelar pada September 2022, bertepatan dengan HUT ke-59 SMA 1 Slawi.

Dari berbagai karya yang dipamerkan, salah satu yang unik adalah penampilan siswa dan siswi dengan karya baju daur ulang, yang dibuat dari sampah platik dan kertas.

Plastik kresek yang biasanya digunakan untuk membungkus barang belanjaan, dibuat menjadi kostum yang keren.

Seperti yang dikenakan Ronald, siswa kelas 10.9 yang tampil bak tokoh Thor, lengkap dengan palu yang terbuat dari bahan triplek dan kayu bekas, serta sepatu yang dihiasi dengan pecahan kaset cakram.

Sementara itu, Pamela, siswa kelas 10.3 tampil, dengan kostum ala Putri Belle, tokoh kartun di cerita Beauty and The Beast.

Mengenakan kostum yang dibuat dari plastik kresek berwarna kuning, dan putih, mutiara di kepala serta kepang plastik yang panjang menjuntai , Pamela dengan percaya diri berlenggang lenggok berjalan, di panggung yang ada di Aula Merah Putih. (T04-Red)

Scroll to top
error: