Keselamatan Ojol Jadi Perhatian Satlantas Polres Tegal Kota

TEGAL, smpantura – Upaya meningkatkan keselamatan dalam berkendara dan disiplin tertib berlalu lintas, dilakukan Sat Lantas Polres Tegal Kota, tak hanya menyasar bus pariwisata, bus umum dan mikro bus.

Tapi pengendara ojek online (Ojol) dan penumpangnya, juga menjadi perhatian serius.

Hal itu dilakukan dengan menggelar pemeriksaan kesehatan ringan terhadap pengendaranya dan penumpangnya. Kemudian baru memeriksa kelengkapan kendaraan dan surat-suratnya. Seperti SIM dan STNK.

“Kita utamakan kondisi kesehatan pengendara Ojol. Apakah ada indikasi mengonsumsi minuman beralkohol atau narkoba. Juga tensi atau tekanan darahnya. Penumpangnya juga dipersilakan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Karena kegiatan ini bersifat sosial dan gratis,” terang Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Agus Joko Guntoro, didampingi Kanit Regident Iptu Moh Kharis, Selasa (11/6).

Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan di pangkalan ojol dan lokasi-lokasi tertentu, bekerja sama dengan Bid Dokkes Polres Tegal Kota.

Setelah selesai diperiksa kondisi kesehatannya, personel Sat Lantas baru melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan dan kelengkapan surat-suratnya.

Bila ada yang tak lengkap surat-suratnya, personelnya melakukan teguran, agar segera melengkapinya.

Seperti tak membawa SIM atau STNK. Juga kelengkapan kaca spion, pengereman dan ban kendaraan roda dua yang digunakan untuk mengantar penumpang.

BACA JUGA :  Realisasi Pendapatan Kota Tegal Tahun 2023 Capai 92,48 Persen

Mikro Bus

Berkait dengan kendaraan angkutan penumpang seperti mikro bus maupun jenis elf, pihaknya baru melakukan pemeriksaan dalam jumlah terbatas.

Di kesempatan lain, akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Baik terhadap kendaraan maupun sopir dan kru mikro bus.

Sedangkan untuk bus pariwisata, yang sempat menjadi sorotan, lantaran kasus kecelakaan yang terjadi di daerah lain, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan.

Antara lain, dengan mengunjungi garasi bus pariwisata. Pemeriksaan itu akan melibatkan pihak terkait. Seperti jajarannya, Dishub, Bid Dokkes dan PT Jasa Marga.

Dalam setiap kegiatan pemeriksaan, lanjut Kasat Lantas, selain pemeriksaan menyeluruh kendaraannya, jajarannya selalu menyelipkan edukasi dan sosialisasi berkait keselamatan dalam berkendara atau berlalu lintas.

Hal itu berkait pentingnya keselamatan dalam berkendara yang melibatkan banyak pihak. Bukan hanya sopir dan kru bus. Tapi pengguna jalan lainnya.

Harapannya, kegiatan pemeriksaan terhadap berbagai jenis kendaraan, akan meningkatkan disiplin maupun tertib dalam berlalu lintas. Juga kesadaran untuk mematuhi aturan lalu lintas.

“Kami tidak akan bosan mengingatkan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Di sisi lain, bila sudah diingatkan tapi masih membandel, akan ada tindakan langsung yang lebih tegas,” terang Kasat Lantas Polres Tegal Kota. (T02-Red)

Scroll to top
error: