Lampaui Target, Bulan Dana PMI Kabupaten Tegal 2022 Capai Rp 2,236 Miliar

SLAWI, smpantura – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal telah selesai menggelar Bulan Dana PMI tahun 2022. Dana yang terkumpul dari kegiatan tersebut telah diserahkan Ketua Umum Panitia Penyelenggara Bulan Dana PMI Kabupaten Tegal 2022 Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at yang diwakili Wakapolres Tegal Kompol Didi Dewantoro kepada Bupati Tegal Umi Azizah, yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo, Kamis (12/1) di Aula PMI Kabupaten Tegal.

Wakapolres Tegal Kompol Didi Dewantoro menyampaikan, pembukaan bulan dana PMI dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2022, dan pelaksanaannya mulai efektif pada bulan September 2022.

Didi Dewantoro merinci penerimaan hasil bulan dana PMI Kabupaten Tegal tahun 2022 sebagai berikut, perolehan kotor sebesar Rp 2.395. 979.675, biaya operasional sebesar Rp 159.000.000 atau hanya 6,6 persen dari ketentuan yang ada, sehingga diperoleh penerimaan bersih sebesar Rp 2.236.979.675 atau tercapai 112 persen dari target rencana sebesar Rp 2 miliar.

PENGHARGAAN: Sebanyak 12 Seksi Usaha Bulan Dana PMI Kabupaten Tegal tahun 2022 yang lunas 100 persen mendapat penghargaan dari PMI Kabupaten Tegal.

“Artinya penerimaan bulan dana tahun 2022 berhasil melampaui target. Harapan kami selanjutnya dana yang terkumpul dari berbagai sektor dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan di Kabupaten Tegal,”kata Didi Dewantoro.

Didi menyebutkan, kegiatan bulan dana melibatkan 87 seksi usaha , terdiri atas 18 seksi usaha masyarakat/kecamatan, 15 seksi usaha pelayanan dan 54 seksi usaha pelajar.

Adapun seksi usaha bulan dana yang lunas 100 persen ada 12 seksi usaha, yakni, Kecamatan Dukuhwaru, Kecamatan Dukuhturi, Kecamatan Margasari, Kecamatan Pangkah, Kecamatan Bojong, Dinas Perhubungan, pelayanan SIM Satlantas Polres Tegal, pelayanan Disdukcapil , Pengadilan Agama, anggota DPRD, anggota TNI dan Polri.

Kemudian ada empat seksi usaha masyarakat (kecamatan) yang mengalami kenaikan hasil bulan dana diatas 30 persen dari haril bulan dana tahun lalu, yakni Kecamatan Pagerbarang (naik 109 persen), Kecamatan Adiwerna (naik 79 persen), Kecamatan Talang (naik 45 persen) dan Kecamatan Warureja (naik 31 persen).

BACA JUGA :  TMMD Berhasil Bangun Jalan Sepanjang 900 M

Bupati Tegal Umi Azizah atas nama Pemerintah Kabupaten Tegal mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, instansi kedinasan pemerintah, swasta, termasuk pemerintah desa, BUMN, BUMD serta lembaga pendidikan dan kalangan pelaku usaha yang secara sukarela telah mendonasikan dananya untuk mendukung kegiatan PMI Kabupaten Tegal.

“Atas capaian ini saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pak Kapolres selaku Ketua Umum Panitia Penyelenggara Bulan Dana PMI Kabupaten Tegal Tahun 2022 yang sudah bekerja maksimal, gigih berupaya menghimpun dana masyarakat bersama rekan-rekan panitia dan seksi usaha bulan dana melalui sinergitas dan kerja samanya yang terbangun baik selama ini. Semoga perolehan dana ini akan membantu memperlancar tugas kemanusiaan PMI,”tutur Umi.

Umi juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada 18 orang relawan yang terus aktif mendedikasikan diri, menjalankan tugas pengabdiannya kepada masyarakat selama lebih dari 10 tahun di lembaga PMI. Selain itu kepada para pendonor darah sukarela yang sudah 10 kali, 25 kali mentransfusikan darahnya, untuk membantu warga masyarakat yang membutuhkan.

Dalam kesempatan itu, Umi Azizah juga menyerahkan satu unit mobil unit donor darah yang merupakan hibah Pemkab Tegal kepada PMI Kabupaten Tegal.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolres Tegal AKPB Arie Prasetya Syafa’at . “Tugas telah tuntas dan hasilnya puas, alhamdulillah,”tuturnya.

Iman berharap, ke depan PMI semakin bisa meningkatkan layanan masyarakat sekaligus mendidik masyarakat agar memiliki jiwa sosial.”Ke depan masyarakat menyumbang bukan karena keterpaksaan, tetapi karena tahu manfaat atau kegunaannya,”tuturnya. (T04-Red)

Scroll to top
error: