Masjid Agung Kota Tegal Bagikan 2.500 Kantong Daging Kurban

TEGAL, smpantura – Masjid Agung Kota Tegal, siap membagikan sekitar 2.500 kantong daging hewan kurban kepada para mustahik se-Kota Bahari, pada Idul Adha 1445 hijriyah tahun 2024, Senin (17/6).

Perwakilan Panitia Kurban Idul Adha, Abdul Hayyi mengatakan bahwa terdapat sedikit peningkatan pemotongan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 2024 dibanding tahun 2023 lalu.

“Alhamdulillah ada peningkatan. Pada tahun ini, kami memotong lima ekor sapi dan 33 ekor kambing. Sedangkan tahun 2023 lalu, kami memotong empat ekor sapi dan 31 ekor kambing,” ucapnya.

Dari jumlah tersebut, pihaknya akan membagikan sekitar 2.500 kantong daging hewan kurban kepada mustahik, melalui perwakilan masing-masing koordinator jemaah dan pengajian subuh Masjid Agung Kota Tegal.

BACA JUGA :  Ini Dia Motif Pembunuhan yang Mayatnya Dibungkus Karung

Pasalnya, sejak tahun 2022 lalu, panitia kurban Masjid Agung meniadakan pembagian kupon secara langsung kepada masyarakat.

“Sejak pandemi kami menghapus metode pembagian daging dengan kupon. Karena cara ini cukup merepotkan calon penerima dan membuat antrean atau kerumunan,” jelasnya.

Selain itu, Hayyi menyebut, panitia juga pernah menerapkan pembagian daging dengan sistem penukaran fotokopi KTP. Namun, pada kenyataannya, tidak sedikit penerima daging hewan kurban yang berasal dari luar Kota Tegal.

“Banyak yang datang dari Kabupaten Tegal, Brebes hingga Pemalang. Dari evaluasi pengurus dan sejumlah stakeholder, disepakati pembagian dilakukan melalui koordinator. Alhamdulillah cara ini lebih efektif,” pungkasnya. (T03-Red)

Scroll to top
error: