Perhutani Mengajar Ajak Siswa SD Al Biruni Cinta Lingkungan

SLAWI, smpantura – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat bersinergi dengan stakeholder secara berkesinambungan, termasuk dengan dunia pendidikan.

Jalinan yang baik tersebut diwujudkan dalam program Perhutani Mengajar, yang didalamnya memberikan materi tentang lingkungan dan manfaat hutan.

Kegiatan Perhutani Mengajar , belum lama ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Al Biruni Pacul Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

Administratur/ KKPH Pekalongan Barat Hilaluddin melalui Kasi Pembinaan Sumber Daya Hutan Pirmansyah menyampaikan, bahwa Perhutani Mengajar merupakan bentuk kepedulian terhadap pendidikan generasi muda khususnya anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

“Kita berikan pembekalan ilmu terkait lingkungan dan pengelolaan tanaman sejak usia dini yaitu baik mengenal pengertian hutan, manfaat hutan, fungsi hutan, fase pertumbuhan pohon, jenis-jenis pohon dan lain sebagainya,”jelasnya.

BACA JUGA :  Atasi Banjir, Ketua DPRD Blusukan Telusuti Sungai Jembangan

Dalam kegiatan itu, siswa-siswi diajak praktek membuat bibit yang nantinya ditanam di sekolah dan di rumah masing-masing.

“Kegiatan ini harus disosialisasikan kepada generasi penerus, sebab di usia emas (golden age) mereka sanggup merekam dan meniru apapun yang kita tanamkan dengan memori yang kuat,”tutur Pirman.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Al Biruni Desa Pacul Kecamatan Talang, Andryan Andreani mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian dan kekompakan siswa dan menumbuhkan kecintaan pada lingkungan dengan memperkenalkan jenis-jenis tumbuhan.

Dia berpesan pada seluruh siswa untuk menjaga lingkungan agar tetap asri dan nyaman dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak lingkungan hidup, imbuhnya. (T04-Red)

Scroll to top
error: