Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia di Tegal Berlangsung Meriah

 

TEGAL, smpantura – Dinas Kesehatan Kota Tegal bersama Puskesmas se-Kota Tegal, menggelar edukasi, sosialisasi hingga lomba penyuluhan dan lomba praktik cuci tangan pakai sabun.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) Tahun 2022, Sabtu (15/10) kemarin.

Diketahui, rangkaian acara tersebut telah berlangsung sejak September 2022 lalu. Dimulai dengan penyuluhan tentang manfaat mencuci tangan, waktu-waktu penting cuci tangan dan juga praktik enam langkah mencuci tangan.

Adapun sasaran kegiatan itu meliputi sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan MI, kader dan warga masyarakat di beberapa Balai Kelurahan di Kota Tegal.

Puncak rangkaian HCTPS Tahun 2022, Sabtu (15/10) kemarin, digelar Lomba penyuluhan dan praktik CTPS bagi ibu-ibu rumah tangga dari Kelurahan Tegalsari, Kraton dan Muarareja.

Lurah Muarareja, Supriyadi Yos Setiobudhi dalam sambutannya menyampaikan bahwa cuci tangan adalah kegiatan sederhana namun sangat berguna.

“Dengan mencuci tangan kita bisa mencegah berbagai kuman dan bibit penyakit dalam tubuh kita,” jelasnya.

Sementara, perwakilan Dinkes Kota Tegal, Eti Purwaningsih, turut berpesan agar kegiatan peringatan HCTPS tidak berhenti sebagai peringatan saja.

Namun, cuci tangan pakai sabun bisa menjadi kebiasaan, perilaku dan kebutuhan bagi seluruh masyarakat, agar tujuan dari peringatah HCTPS bisa tercapai.

“Tujuan utama HCTPS yaitu meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan pakai sabun sebagai cara yang efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa,” ucap Eti.

BACA JUGA :  Wali Kota Tegal Resmi Merilis Aplikasi Digimon DPMPTSP 

Lebih lanjut Eti menjelaskan, lomba peyuluhan dan praktik cuci tangan pakai sabun menjadi metode edukasi yang menarik. Sebab, para peserta merupakan warga masyarakat yang masih awam dengan praktik mencuci tangan pakai sabun yang benar.

Dengan kegiatan ini, bisa dilihat sejauh mana pemahaman dari warga masyarakat tentang praktik mencuci tangan, waktu-waktu yang penting untuk cuci tangan serta manfaat yang didapat dari cuci tangan itu sendiri.

Usai lomba, peserta dan juga seluruh warga yang hadir diberikan edukasi tentang bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

Salah satu juri memberikan jurus mudah untuk mengingat urutan mencuci tangan, agar tidak lagi salah dalam mempraktekkan.

Jurus ‘Tepung Selaci Buku’ kepanjangan dari telapak, punggung, sela jari, mengunci, ibu jari dan kuku bisa menjadi cara mudah kita untuk mengingat urutan mencuci tangan.

Adapun Tema Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2022 adalah ‘Unite for Unirversal Hand Hygene’ atau Bersatu untuk kebersihan tangan universal.

“Semoga melalui kegiatan-kegiatan kreatif dan menarik ini mampu diharapkan mampu meningkatan pengetahuan, kemauan serta kemampuan seluruh warga untuk mempraktekkan cuci tangan dalam kesehariannya,” tukas Eti.

“Dan melalui peringatan ini pula seluruh pihak dapat meningkatkan fasilitas tempat cuci tangan yang baik dan bisa akses oleh orang banyak,” tambahnya. (T03-Red)

Scroll to top
error: