PMI Pemalang Gelar Pelatihan Pemeriksaan Skrining Antibodi

PEMALANG, smpantura – PMI Kabupaten Pemalang mengadakan pelatihan pemeriksaan skrining antibodi dan golongan darah bagi para petugas teknis Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Pemalang.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 6-8 Juni 2024 di Aula UDD PMI Kabupaten Pemalang.

“Acara pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh, Kepala UDD PMI Kabupaten Pemalang, Darmanto dan perwakilan dari PT Medquest Jaya Global,” ujar Ketua PMI Kabupaten Pemalang, Ahmad Patah, Minggu (9/6).

Ahmad Patah menyampaikan apresiasi kepada PT Medquest Jaya Global yang telah bersedia menjadi nara sumber dalam pelatihan ini.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para petugas teknis PMI dalam melakukan pemeriksaan antibodi skrining dan golongan darah, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Darmanto, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa pemeriksaan antibodi skrining dan golongan darah merupakan salah satu layanan penting yang disediakan oleh PMI.

Ia berharap dengan pelatihan ini bagi PMI Kabupaten Pemalang, dapat meningkatkan kapasitasnya dalam memberikan layanan ini kepada masyarakat.

Nara sumber pelatihan ini adalah Dwi Andika dan Nurrizqi dari PT Medquest Jaya Global, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang alat kesehatan dan laboratorium.

BACA JUGA :  Murid SLB Negeri 1 dan 2 Pemalang Panen Medali di Pepaperda

Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang petugas teknis PMI dari UDD PMI Kabupaten Pemalang. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi teori dan praktik pemeriksaan antibodi skrining dan golongan darah.

Para peserta pelatihan terlihat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Mereka banyak bertanya kepada narasumber tentang berbagai hal yang terkait dengan pemeriksaan antibodi skrining dan golongan darah.

Pelatihan pemeriksaan skrining antibodi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga Teknis PMI dalam melakukan pemeriksaan antibodi skrining dan golongan darah.

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya untuk menambah pelayanan di UDD PMI Kabupaten Pemalang. Pemeriksaan anti bodi adalah pemeriksaan darah yang dilakukan terhadap darah yang di donorkan oleh pendonor.

Tujuan pemeriksaan ini adalah mendeteksi keberadaan antibodi terhadap berbagai penyakit, seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HIV/AIDS. Sedangkan pemeriksaan golongan darah dapat membantu dalam transfusi darah dan operasi yang membutuhkan darah.

UDD PMI Kabupaten Pemalang adalah yang pertama dan satu-satunya Pemeriksaan skrining antibodi ini di wilayah Pantura Barat Jawa Tengah. (T08-Red)

Scroll to top
error: