Polres Tegal Gelar Pelatihan Kemampuan Etika Pelayanan Publik

SLAWI, smpantura – Polres Tegal mengadakan pelatihan kemampuan etika pelayanan publik di gedung pertemuan Sasana Sabda Bhayangkara (SSB) Polres Tegal, Selasa, (22/11).  Kegiatan dengan menggandeng Bank Jateng Slawi ini dibuka oleh Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at, yang diwakili oleh Kabag SDM Kompol Nita Febrianti.

Turut dalam kegiatan itu, anggota Polres Tegal yang ditugaskan sebagai petugas pelaksana pelayanan publik maupun Polsek jajaran. Kompol Nita mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melayani masyarakat agar lebih baik dalam mewujudkan pelayanan prima.

“Menjadi pelayan harus bersikap ramah, berempati, dan bisa memberikan solusi terhadap keluhan masyarakat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,“ kata Nita.

Sementara itu, Pemimpin Bank Jateng Cabang Slawi Fachrudin Arif, menjelaskan materi etika pelayanan publik. Pelayanan publik yang disosialisasikan meliputi Satlantas (SIM, STNK/SAMSAT, dan BPKB) Satintelkam (Pelayanan SKCK) Pelayanan SPKT, Satreskrim, dan Satresnarkoba (pelayanan Pendidikan tindak pidana), dan SPKT Polsek jajaran .

BACA JUGA :  Kakek Tunanetra Jadi Tersangka Pemalsuan Surat, Polres Tegal Beri Klarifikasi

Menurut Fachrudin Arif, etika pelayanan publik merupakan softskill yang wajib dimiliki oleh setiap petugas pelayanan publik. Para petugas pelayanan publik wajib memberikan senyum, salam dan sapa saat bertemu masyarakat dan melayani dengan sopan serta santun. Dalam berinteraksi wajib menggunakan bahasa yang komunikatif, menampilkan keceriaan dan semangat sehingga masyarakat tidak jenuh.

Petugas pelayanan publik juga wajib menguasai persyaratan, mekanisme, jangka waktu dan serba-serbi terkait pelayanan publik yang diselenggarakan. Apabila masyarakat bertanya permasalahan seputar pelayanan petugas pelayanan publik dapat menjawab dengan baik.(T03-Red)

Scroll to top
error: