Poltek Harber Wujudkan Mahasiswa Magang dan Kerja di Jepang

TEGAL, smpantura – Politeknik Harapan Bersama Tegal, menandatangani kerja sama strategis dengan Liana Segrus Co., Ltd., Jepang di Belviu Hotel Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/1/2024).

Direktur Politeknik Harapan Bersama, Agung Hendarto menuturkan kerja sama dengan Liana Segrus Co., Ltd merupakan kerja sama perihal perekrutan, pelatihan, pengiriman dan pemagangan mahasiswa di Jepang.

Hal ini menjadi salah satu opsi yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa agar mampu go internasional.

“Saat ini kami banyak menjalin kerja sama untuk magang, pelatihan dan penempatan kerja di luar negeri, seperti di Jepang, Korea, Hungaria, serta Australia. Dengan bekal kompetensi dan bahasa yang cukup, mahasiswa dapat memilih berkarir di berbagai negara,” kata Agung.

Presiden Direktur Liana Segrus Co., Ltd, Kazuya Yamanouchi menyampaikan apresiasi atas capaian-capaian yang diraih Poltek Harber sebagai Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia.

“Saya sangat berharap kerja sama yang telah terjalin dengan Poltek Harber bisa benar-benar terealisasi dalam waktu dekat ini, karena kebutuhan SDM di Jepang masih sangat tinggi,” ujarnya.

Kerja sama Poltek Harber dan Liana Segrus Co., Ltd dihadiri juga Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Komite Tetap Transformasi dan Revitalisasi Pendidikan Vokasi.

BACA JUGA :  KPK Amankan Pejabat Basarnas dalam OTT

Wakil Ketua Komite Tetap Transformasi dan Revitalisasi Pendidikan Vokasi Kadin Indonesia, Dendi Pratama menyampaikan, saat ini Kadin memiliki job order dari Jepang melalui The Japan Chamber of Commerce and Industry (JCCI).

Hingga 10 tahun ke depan, dibutuhkan sebanyak 100.000 orang untuk bekerja dan magang di Jepang dengan beragam bidang ilmu.

“Saat ini kami belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut untuk pemenuhan setiap tahunnya, sehingga kali ini Kadin memfasilitasi kerja sama antara Poltek Harber denganĀ  salah satu perusahaan Jepang, yaitu Liana Segrus Co., Ltd., harapannya Poltek Harber menjadi Pilot Project untuk merealisasikan pemenuhan kerja sama ini,” tutur Dendi.

Wakil Direktur Bidang Humas dan Kerja sama, Ginanjar Wiro Sasmito menambahkan, kerja sama ini menjadi langkah nyata menjadikan Poltek Harber eksis di kancah global.

Kerja sama tersebut merupakan bentuk nyata Link & Match antara pendidikan vokasi dengan industri.

“Langkah ini menjadi peluang yang sangat baik bagi mahasiswa untuk mengikuti perekrutan, pelatihan, penempatan kerja dan magang di Jepang,” tegasnya. (T03-Red)

Scroll to top
error: