Prodi Teknik Mesin Poltek Harber Latih Keterampilan Siswa SMK Nurul Ulum

TEGAL, smpantura – Program Studi (Prodi) D3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) memberikan pelatihan dan keterampilan tentang sistem kontrol elektro pneumatik kepada siswa kelas XII, SMK Nurul Ulum Lebaksiu, Rabu, (14/12).

Para peserta dikenalkan dengan komponen-komponen yang ada pada sistem elektro pneumatik serta fungsinya.

Mereka juga merakit komponen tersebut yang masing-masing menjadi sebuah modul dan dapat dipasangkan pada rangka trainer elektro pneumatik, sebelumnya sudah dirakit oleh peserta lain.

Dosen Prodi D3 Teknik Mesin Poltek Harber selaku ketua tim pelatihan, Nur Aidi Ariyanto, menyampaikan, bahwa sistem elektro pneumatik saat ini sudah banyak diterapkan di dunia industri, baik untuk proses sederhana seperti memindah dan menyusun barang, bahkan untuk proses yang lebih kompleks lainnya.

Aidi menambahkan, pada trainer elektro pneumatik, terdapat tiga jenis rangkaian sistem kontrol yang biasanya ada di mesin industri. Yaitu rangkaian kontrol manual, rangkaian kontrol satu siklus, dan rangkaian kontrol siklus kontinyu.

BACA JUGA :  PNBP Kantor Imigrasi Pemalang Tembus 11 M

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan, lulusan SMK dapat lebih memahami alur proses produksi yang menggunakan kontrol elektro pneumatik. Siswa juga dapat memahami sistem kontrolnya dengan melihat wiring diagram sistem kontrol tersebut”, kata dosen Prodi D3 Teknik Mesin Poltek Harber, Andre Budhi Hendrawan.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 Siswa Kelas XII dan dua Guru SMK Nurul Ulum Lebaksiu, dengan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO).

“Pada kurikulum yang baru ini, mereka tidak mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pneumatik. Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan keterampilan siswa untuk mempelajari sistem kontrol elektro pneumatik” kata Guru SMK Nurul Ulum, Achmad Rifai. (T03-Red)

Scroll to top
error: