Puncak Peringatan HUT IBI di Tegal Berlangsung Meriah

TEGAL, smpantura – Puncak peringatan hari ulang tahun ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang digelar PC IBI Kota Tegal, di Aula RSUI Harapan Anda, berlangsung meriah, Sabtu (1/10).

Ratusan pengurus dan anggota cabang IBI Kota Tegal, mengikuti Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke VII hingga seminar dengan tema Perjalanan Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju.

Kegiatan yang berlangsung secara hybrid itu dihadiri Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Jawa Tengah, Sumarsih, Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro, Ketua Komisi I DPRD Kota Tegal, H Anshori Faqih, Pj Sekda Kota Tegal, dr Sri Primawati, Direktur RSUI Harapan Anda, dr Shahabiyah, Kepala BKPPD, Slamet Wahyono dan Kepala DPPKBP2PA, M Afin.

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Jawa Tengah, Sumarsih menyampaikan penghargaan kepada IBI Kota Tegal, atas gelaran peringatan HUT IBI dan Rakercab tersebut.

Menurutnya, tantangan yang dilalui bidan sangatlah luar biasa, terlebih di masa pandemi. Namun, berkat semangat semuanya dapat dilalui dengan baik.

“Rakercab bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam organisasi, karena ini menjadi forum evaluasi menyempurnakan kerja,” bebernya.

Ditambah, kinerja pada masa pandemi mengharuskan tenaga kesehatan, khususnya dokter, perawat dan bidan harus selalu berada di garda terdepan.

BACA JUGA :  Lima Kapal Kembali Terbakar di PPP Tegalsari

Sementara, Pj Sekda Kota Tegal, dr Sri Primawati menyebutkan, IBI merupakan organisasi yang besar berpengalaman serta memiliki program-program yang sangat baik dalam mewujudkan generasi unggul menuju Indonesia maju.

Peringatan ini jauh lebih dari sekadar pencapaian organisasi, tetapi ini tentang mengeksplorasi kemajuan lembaga dan individu.

“Ini juga momen bagi para bidan untuk mengagumi dan mengukur diri, seberapa jauh dalam memberikan pelayanan yang nyata,” beber Sri Primawati.

Sementara itu, Ketua PC IBI Kota Tegal, Taryuli mengatakan, selain puncak HUT IBI dan Rakercab ke-7, kegiatan kemarin juga sekaligus untuk memperingati hari kesaktian Pancasila dan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

“Kemarin kita gelar juga seminar dengan menghadirkan tiga narasumber. Seperti dari BKPPD yang membahas tentang tenaga honorer khususnya adalah kesehatan. Karena memang terdapat polemik yang cukup hangat berkaitan dengan kebijakan honorer,” ucapnya.

Kemudian, terdapat materi etika profesi yang dibawakan Pj Sekda dan ada juga materi dari Pengurus Daerah IBI Jawa Tengah.

Selain itu, diberikan pula bingkisan paket pemenuhan gizi kepada pilihan ibu hamil (bumil) serta kenang-kenangan kepada Direktur RSUI Harapan Anda, dr Shahabiyah.

(T03-red)

Scroll to top
error: