Rentan Krisis Air, Kodim Pemalang Pasang Pompa Hidram di Desa Badak

PEMALANG, smpantura – Kodim 0711/Pemalang melalui program TNI Manunggal Air (TMA) mengerjakan sistem pengambilan dengan menggunakan Pompa Hidram di Dusun Krajan, Desa Badak, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Kamis (12/1). Pembangunan pompa Hidram itu untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah RT 01/02 dan RT 02/03 Desa Badak yang dihuni 250 keluarga 600 jiwa.

Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., melalui Komandan Koramil 11/Belik Kapten Inf Suprapto yang didampingi Kepala Desa Badak Burhanudin mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI AD kepada masyarakat yang tinggal di wilayah yang rentan krisis air.

TNI AD hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan rakyat dengan mencarikan solusi yang tepat. Beberapa upaya telah dilakukan TNI AD, diantaranya berupa inisiatif membangun pompa air dengan teknologi Hydraulic Ram Pump atau pompa hidram untuk mengatasi keterbatasan akses air bersih di daerah pegunungan.

BACA JUGA :  Tujuh Panwaslu Kecamatan Terpaksa Sewa Kantor

“Untuk pemasangan pompa Hidram ini berlokasi di Dusun Krajan Desa Badak, Kecamatan Belik. Pemasangan melibatkan anggota Kodim 0711/Pemalang dibantu warga sekitar dengan teknisi Serda Rico Setiawan dari Satuan Denpal Divisil 3 Kostrad Makasar,” terangnya.

Dijelaskan, pemasangan pompa air hidram tersebut diambil dari mata air Candi Kali Anget Dusun Krajan. Sementara itu, material untuk pembuatannya memanfaatkan bahan yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, tenaga kerja berasal dari anggota Kodim 0711/ Pemalang dan masyarakat sekitar.

“Untuk material alat pompa Hidram disiapkan dari TNI AD. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi maayarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih,” pungkas Danramil. (T05-Red)

Scroll to top
error: