Satlantas Batang Dapat Hibah Perpustakaan Digital

Kali Pertama di Jajaran Satlantas se-Polda Jateng

BATANG, smpantura -Terobosan inovatif dan kreatif dilakukan Satlantas Polres Batang dengan menyediakan perpustakaan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang merupakan kali pertama jajaran Satlantas se-Polda Batang .Perpustakaan digital itu dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Batang.

“Pocadi di Satlantas Batang itu yang kalai pertama ada di Satlantas diseluruh Polda Jateng. Keberadaan perpustakaan digital untuk memberikan fasilitas kepada pemohon yang datang ke Satlantas Polres Batang. Pemohon sambil menunggu pelayanan dengan membaca buku digital dan juga mencari informasi tentang pelayanan Satlantas, sehingga tidak jenuh,” Kasatlantas Polres Batang AKP Agus Pardiyono Marinus seusai peresmian Jumat (13/1).

Hadir pada acara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan (Disperpuska) Rakhmat Nurul Fadillah. Serta jajaran Satlantas dan disaksikan pemohon yang mengurus SIM dan BPKB.

Pocadi itu merupakan hibah dari Pemkab Batang. Satlantas akan merawat fasilitas perpusatakaan digital itu sebaik-baiknya.

“Terimkasih kepada Bu Pj Bupati dan Ka Disperpuska yang memberikan hibah perpusataakn digital itu untuk Satlantas. Kehadiran Pocadi itu tentunya selain menghibur juga bisa menambah pengetahuan masyarakat yang datang ke Satlantas,”ujar AKP Marinus.

Kepala Disperpuska Batang Rakhmat Nurul Fadilah menuturkan, Pocadi itu merupakan program hibah dari Perpustakaan Nasional untuk Disperpuska Batang. Tapi peruntukannya bukan di kantor melainkan tempat pelayanan publik, salah satunya Kantor Satlantas Batang.

BACA JUGA :  BPBD Batang Terus Pantau Kondisi Desa di Lereng Gunung Dieng

“Kami memilih Kantor Satlantas karena salah satu lokasi pelayanan publik yang potensi berkumpul orang sangat banyak. Sehingga sangat efektif untuk ditempatkan di Satlantas.”ujarnya.

Fasilitas yang ada di Pocadi terdapat empat unit komputer di dalamnya ada buku digital. Kemudian juga ada buku cetak juga berjumlah 300 judul dan 700 eksemplar.

“Peningkatan literasi untuk masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Batang memang lumayan susah apalagi adanya perkembangan digital. Bisa dilihat rangking literasi masyarakat Indonesia di dunia sekitar nomor 60 dari seluruh negara. Dengan begitu Indonesia menjadi negara nomor dua terbawah mengenai literasi buku,”tandasnya.

Tapi Disperpuska Batang optimis dengan menempatkan POcadi lokasi pelayanan publik, diharapkan minat baca masyarakat meningkat.”Tahun depan kami berupaya memperoleh bantuan kembali yang rencananya di tempatkan Mal Pelayanan Publik (MPP) Batang.”

Beberapa pengunjung merasa senang denga kehadiran Pocadi di Satlantas Polres Batang.Karena sambil menunggu proses pelayanan, bisa membaca buku atau ilmu pengetahuan.

“Senang sekali adanya perpustakaan digital ini, apalagi Pak Polisinya dengan ramah mengajari untuk membuka apa yang kan kami lihat. Sa,bil menunggu selesainya pembuatan SIM bisa mengakses berbagai buku,”ujar Risyad saat mengurus SIM. (P02-Red)

Scroll to top
error: