Satlantas Beri Hadiah Sembako Bagi Pengendara yang Tertib Berlalu Lintas

SLAWI, smpantura -Aksi simpatik dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal dalam melaksanakan Operasi Zebra Candi 2022. Dipimpin Kasat Lantas Polres Tegal AKP Erwin Chan Siregar, personel Satlantas melakukan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas di Jalan Raya Adiwerna tepatnya di lampu lalu lintas simpang tiga pintu tol Kalimati Adiwerna, Senin (3/10).

Sambil membentangkan spanduk berisi tentang pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 yang dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai 16 Oktober, personel Satlantas bersama Taruna Akpol memberikan edukasi tertib berlalu lintas.

Tak hanya mengingatkan pengendara sepeda motor menggunakan helm SNI dengan cara dikunci, polantas juga mengingatkan agar pengendara tidak berboncengan lebih dari satu orang, menggunakan sabuk pengaman, dan membawa surat-surat kelengkapan berkendara.

Polantas juga mengingatkan pengendara di bawah umur untuk tidak mengemudikan kendaraan di jalan umum.

Dalam aksi simpatik ini, Polantas yang membawa badut Zebra dan badut polisi membagikan air mineral kepada pengendara.

Bahkan beberapa supir angkot yang menunjukkan surat-surat kelengkapan berkendara dan tukang becak yang sedang berhenti di lampu lalu lintas diberi hadiah berupa paket sembako. Tentu saja pemberian ini disambut dengan bahagia.

Kasat Lantas AKP Erwin Chan Siregar menyampaikan, Operasi Zebra Candi 2022 mengedepankan tindakan persuasif dan humanis.

Kendati demikian, tetap diikuti dengan penindakan pelanggaran lalu lintas terutama sembilan sasaran pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Diantaranya tidak menggunakan helm, menerobos lampu Apill, berkendara di bawah umur,berkendara dengan tidak wajar misalnya berkendara sambil mabuk, menggunakan handphone saat berkendara dan over loading over dimensi,”terang Erwin.

BACA JUGA :  Polres Tegal Gelar Pelatihan Kemampuan Etika Pelayanan Publik

Erwin menyebutkan, dalam Operasi Zebra Candi 2022, kendati tidak melaksanakan kegiatan razia, polisi tetap melakukan penindakan terhadap pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas.

“Satgas Gakum akan memberikan teguran humanis dan penindakan. Dari Satgas Preemtif akan melaksanakan kegiatan Binluh selama 14 hari ini. Mulai dari Binluh ke TK, SD, SMP dan SMA, hingga Universitas,”jelas Erwin.

Satlantas juga akan bekerjasama dengan Dinas Dikbud mengadakan kegiatan desiminasi guru. Dalam kegiatan itu akan disampaikan tertib berlalu lintas.

Harapannya, sosialisasi tentang cara dan etika berkendara yang baik dan benar akan disampaikan pada siswa di sekolah.

Sebelumnya, pada Senin pagi telah dilaksanakandalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2022 di Halaman Mapolres Tegal.

Wakapolres Tegal Kompol Didi Dewantoro selaku inspektur apel menyampaikan Operasi Zebra Candi 2022 menekankan pada upaya persuasif dan edukatif diiringi dengan penegakan hukum secara elektronik menggunakan ETLE Go Mobile Sigap.

“Polantas dilengkapi dengan perlengkapan khusus hand held sehingga apabila menemukan pelanggaran di jalan , petugas akan mendokumentasi , mengcapure, memfoto dengan smart gadget yang terintegrasi dengan ETLE nasional, dan diproses sesuai alamat yang bersangkutan,”terang Didi.

Didi menjelaskan, sebanyak 67 personel dilibatkan dalam Operasi Zebra Candi 2022, selain Polisi, juga melibatkan personel TNI dan instansi terkait.

(T05-Red)

Scroll to top
error: