Spasi Music Rilis Album Cipta Lagu Tegal

TEGAL, smpantura – Spasi Music luncurkan album kompilasi ‘Cipta Lagu Tegal 2022’. Proyek ini bermula dari kegiatan lomba Cipta Lagu Promosi Tegal (CLPT) 2022 yang digelar Pemerintah Kota Tegal dan Spasi Music sejak Agustus lalu.

Dalam lomba tersebut setiap peserta diwajibkan menciptakan lagu promosi tentang Kota Tegal, dengan pilihan tema Cinta Kota Tegal, Keunikan Kota Tegal dan Pariwisata Kota Tegal.

Sekitar 19 karya yang masuk dari berbagai kota, selanjutnya dipilih lima karya terbaik. Personel band Efek Rumah Kaca, Reza Ryan mengapresiasi karya yang dikirim para peserta.

“Di sini saya melihat bakat-bakat yang ada di Tegal sangat bagus dan menunjukkan harapan akan perkembangan seni musik,” ungkap Reza juri lomba CLPT 2022.

“Kesadaran diri sebagai warga Tegal yang mempunyai kekhasan tertentu dan pertimbangan yang bersifat musikal secara teknis, menjadi penilaian khusus,” tambahnya.

Sementara, Dhimas Riyanto, yang juga sebagai juri lomba CLPT 2022, menambahkan, selama ini Kota Tegal memang tidak banyak karya lagu yang muncul, khususnya untuk lirik lagu tentang wisata, kuliner, dan sosial.

“Adanya moment lomba ini menghasilkan beberapa karya baru dengan nuansa baru. Diharapkan karya ini menjadi tolok ukur kemampuan para penulis lagu yang bercerita tentang Kota Tegal,” tuturnya.

Perwakilan dari Spasi Music, Gendra Wisnu Buana menuturkan, proses yang panjang telah dilewati para musisi, mulai dari pembuatan lagu, seleksi, penjurian, lokakarya, hingga merekam album.

BACA JUGA :  Atlet Cabor Tarung Drajat Kota Tegal Tambah Pundi-pundi Medali Porprov Jateng 

“Semoga karya ini dapat menjadi khazanah yang menginspirasi musisi dan masyarakat Tegal,” ujarnya.

Puncak kegiatan tersebut adalah penyerahan hadiah dalam perayaan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2022 di Alun-Alun Kota Tegal. Hadiah diserahkan langsung oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono.

Salah satu pemenang lomba, Pakde Agoes berharap agar kegiatan seperti ini dapat ditindak lanjuti dengan seksama oleh Pemkot Tegal.

“Agar betul-betul efektif dan memiliki pengaruh yang baik untuk masyarakat,” tambahnya.

Nuansa Gilang dari grup robomantics yang juga menjadi pemenang menuturkan, dari lima karya yang terpilih, seluruhnya menyajikan genre dan warna musik yang berbeda.

“Kelima lagu ini memiliki keunikannya masing-masing sehingga dapat menjadi cerminan musik dan Kota Tegal itu sendiri,” ujarnya.

Album tersebut sudah dapat dinikmati pada berbagai platform digital seperti Spotify, TikTok, JOOX, Apple Music, YouTube Music, Facebook, Instagram, dan sebagainya. (T03-Red)

 

Kelima lagu dalam album kompilasi Cipta Lagu Tegal 2022 :

Robomantics – Sarapan Tegalan

Ardnize feat. KOU – Kota Kelahiran

Pakde Agoes – Warteg Warteg Warteg

Rubi Suwendo Feat. Mayaoz – Takjub Kota Tegal

Diky Fatih – Indahnya Kota Tegal

Scroll to top
error: