Sungai Babakan Meluap, Dua Desa di Ketanggungan Terkena Dampak

BREBES, smpantura – Tingginya intensitas hujan di wilayah Brebes bagian barat, menyebabkan Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan meluap, dan airnya limpas ke pemukiman penduduk, Rabu malam (9/11/2022). Sedikitnya dua desa di kecamatan ini, terkena dampak luapan air Sungai Babakan. Bahkan, jalur utama Pejagan-Ketanggungan juga terendam meski ketinggian air masih rendah, dan kendaran masih bisa melintas.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes dari Kecamatan Ketanggungan, M Rizki Ubaidilah menuturkan, limpasan Sungai Babakan mulai terjadi sekitar pukul 20.00. Hal itu terjadi menyusul di wilayah hulu sungai hujan turun sangat teras. Alur sungai yang ada tidak mampu menampung debit air, sehingga limpas ke pemukiman warga. “Air Sungai Babakan ini limpas di beberapa titik di dua desa, yakni Desa Karangmalang dan Desa Ketanggungan,” terangnya.

Menurut dia, limpasnya air Sungai Babakan itu, setelah posisi ketinggian air di Bendung Cisadap pada posisi 130. Sebenarnya kondisi tersebut belum masuk tahap waspada, jika mengacu pada statistik yang distandarkan BBWS. Namun adanya hujan lokal yang sangat deras, ditambah sedimentasi yang tinggi di alur sungai, memicu air sungai itu limpas. “Meski posisi ketinggian air di Bendung Cisadap belum masuk kategori waspada, tetapi air Sungai Babakan ini sudah limpas. Ini karena faktor sedimentasi alur sungai yang tinggi,” jelasnya.

BACA JUGA :  Seorang Kakek di Brebes Nekat Bunuh Diri Masuk Sumur, Kenapa?¬†

Lebih lanjut dia mengatakan, banjir limpasan Sungai Babakan tersebut sudah menjadi langganan di wilayah Ketanggungan. Padahal pihaknya bersama masyarakat berulang kali meminta adanya perbaikan tanggul secara permanen. Namun hingga kini belum ada realisasi, dan perbaikan yang dilakukan hanya bersifat darurat. “Kami berharap ada penanganan serius dalam perbaikan tanggul Sungai Babakan ini. Sehingga saat musim hujan tidak terjadi limpasan seperti saat ini,” pungkasnya.

Hingga berita ini ditulis, hujan dengan intensitas sedang masih turun, dan genangan banjir limpasan Sungai Babakan masih terjadi. (T07_red)

Scroll to top
error: