Wow, 8 Sertifikat ISO LPSE Diraih Brebes

BREBES, smpantura – Sebanyak 8 sertifikat Standar Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) berhasil di raih Kabupaten Brebes di tahun 2022. Sertifikat ISO 27001 yang dikantongi tersebut semakin memastikan adanya perlindungan keamanan informasi yang berstandar tinggi di LPSE Brebes.

“Tahun ini, 8 sertifikat LPSE berhasil kami raih. Sehingga totalnya saat ini sudah 17 standar pelayanan kami yang berstandar ISO 27001,” ungkap Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Brebes, Ismawan, kemarin.

Dia mengatakan, sertifikasi ISO 27001 itu, merupakan bukti penerapan standar keamanan informasi terbaik, yang didukung oleh penilaian independen dari para ahli dan mampu menjaga kerahasiaan, integritas, ketersediaan informasi serta mengendalikan risiko keamanan informasi.

“ISO 27001 imi dibutuhkan untuk melindungi dari ancaman keamanan dan gangguan aset informasi, dapat melindungi privasi dan integritas data atau informasi, dapat menghindari kerugian finansial sebagai akibat gangguan keamanan informasi, dan dapat memberikan kultur baru terhadap kesadaran keamanan informasi,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan diterimanya sertifikat ISO 27001, Bagian Pengadaaan Barang dan Jasa Setda Brebes kini menuju Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) sebagai pusat pengadaan yang unggul (Center of Excellence). Di sisi lain, hal itu sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021 tentang Perubahan Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

BACA JUGA :  Hujan Deras, Daerah Pegunungan di Brebes Dilanda Banjir

“Dengan sertifikat ISO 27001 ini, kami berhasil memenuhi aspek-aspek Pelayanan LPSE, Keamanan informasi dan Kapasitas LPSE. Memenuhi 7 dari 9 (tujuh dari sembilan) variabel penilaian Indeks Kematangan UKPBJ menuju pusat keunggulan Pengadaan Barang/Jasa. Dengan perolehan tersebut, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes telah berada pada tingkat kematangan Pro Aktif, tingkat kematangan tertinggi di antara sesama UKPBJ saat ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hingga akhir bulan November 2022, Bagian PBJ Setda Pemkab Brebes telah memperoleh pencapaian, dengan memenuhi 17 standar LPSE). Pencapaian itu, setara dengan perolehan standar ISO 27001 yaitu standar untuk manajemen kemananan informasi. Bahkan, Bagian PBJ Setda Brebes, juga telah memperoleh skor 62,3 untuk Indeks Tata Kelola Pengadaan Barang/Jasa (ITKP), yang saat ini menjadi salah satu bagian dari penilaian Indeks Tata Kelola Pemerintahan. “Skor inj menggambarkan saat ini Bagian PBJ Setda Brebes telah berada di level cukup, perihal indikator pemanfaatan sistem pengadaan, kualifikasi dan kompetensi SDM PBJ, dan tingkat kematangan UKPBJ,” pungkasnya.(H38)

Scroll to top
error: