1.900 KK Terdampak Banjir Limpasan Sungai Pemali, 125 Jiwa Terpaksa Mengungsi

BREBES, smpantura – Sekitar 1.900 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes bagian utara, dilaporkan terdampak dari bencana banjir akibat limpasnya air Sungai Pemali yang meluap, Sabtu (19/11/2022). Bahkan, 125 warga yang terdampak tersebut, terpaksa harus mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

Camat Jatibarang, Imam Tauhid mengatakan, di wilayahnya tercatat ada empat desa yang terdampak banjir limpasan Sungai Pemali tersebut. Yakni, Desa Bojong, Kebogadung, Buaran dan Kedungtukang. “Dari hasil pendataan, totalnya ada sekitar 1.900 KK yang terdampak banjir ini. Jumlah ini, kemungkinan bisa bertambah karena di Desa Kedungtukang masih dilakukan pendataan,” ujarnya, Sabtu malam (19/11/2022).

Dia mengungkapkan, dampak terparah dialami warga di Desa Bojong. Tercatat ada sebanyak 900 KK yang terdampak, dan 125 orang di antaranya harus dievakuasi ke tempat yang aman. Itu karena rumahnya terendam banjir parah. Ketinggian banjir di wilayah ini antara 50-150 sentimeter. “Di desa ini ada empat RT yang terendam banjir. Warga yang mengungsi ini, kami tempatkan di Masjid Baiturohim dan Madrasah Miftahul Afkar,” terangnya.

Sedangkan di Desa Kebogadung, lanjut dia, tercatat ada sebanyak 400 rumah warga yang terendam banjir, dan 600 KK yang terdampak. Mereka berada di empat RW. Kemudian, di Desa Buaran ada sebanyak 282 rumah, dan 400 KK yang terdampak. Sementara untuk Desa Kedungtukang masih dilakukan pendataan. “Malam ini untuk di Desa Bojong dan Kebogadung air masih tinggi, tetapi untuk Buaran dan Kedungtukang sudah mulai surut. Namun di Desa Buaran, ada satu jembatan yang putus,” jelasnya.

BACA JUGA :  Cerita Sukarelawan BPBD, Diadang Warga Saat Hendak Droping Air

Lebih lanjut dia mengatakan, di wilayahnya ada titik tanggul Sungai Pemali yang jebol, tepatnya di Desa Kedungtukang. Sehingga, air mengarah ke desa yang ada di sebelah utaranya. “Banjir ini kiriman dari selatan, dan Sungai Pemali tidak mampu menampung debit air kiriman ini, sehingga limpas ke pemukiman warga dan areal persawahan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan selama beberapa jam, mengakibatkan Sungai Pemali meluap. Limpasan air sungai ini, menyebabkan banjir terjadi di sejumlah desa yang tersebar di tiga kecamatan, Sabtu (19/11/2022). Yakni, Kecamatan Jatibarang, Brebes dan Wanasari. Bahkan, ratusan kepala keluarga (KK) juga ikut terdampak.

Di Kecamatan Jatibarang misalnya, banjir limpasan Sungai Pemali itu, terjadi di Desa Kedungtukang, Bojong dan Bojongsari. Sementara di Kecamatan Brebes, banjir melanda Desa Terlangu, dan di Kecamatan Wanasari melanda Desa Glonggong, Jagalempeni Lengkong, Sawojajar. (T07_red)

Scroll to top
error: