20 Tim Ikuti Youth Championship PSSI Kota Tegal

TEGAL, smpantura – Sebanyak 20 tim sepak bola kelompok umur 10 tahun (U-10) dan 12 tahun (U-12), mengikuti kompetisi Youth Championship PSSI Kota Tegal, yang berlangsung di Stadion Yos Sudarso.

Ketua Askot PSSI Tegal, Desty M Loui mengatakan, 20 tim akan memperebutkan juara dalam pertandingan yang digelar selama dua hari, terhitung Senin (11/12) hingga Selasa (12/12).

Kompetisi kelompok umur tersebut, merupakan salah satu upaya Askot PSSI Tegal, dalam pembinaan sepak bola usia dini.

“Sesuai dengan komitmen kami, semoga acara ini dapat bergulir setiap tahun untuk memunculkan bakat sepak bola muda,” jelas Desty M Loui, disela pembukaan Youth Championship.

Dede Loui demikian dia akrab disapa, berharap kompetisi tersebut tidak sekadar pertandingan biasa saja, melainkan menjadi momentum masing-masing tim untuk menunjukkan bakat sepak bola muda.

Termasuk pula menjadikan Youth Championship, sebagai ajang pencetak bibit muda atlet sepak bola yang nantinya bisa berkiprah di kompetisi tingkat lokal, regional hingga nasional.

“Kota Tegal memiliki potensi dan perlu kita dukung bersama-sama. Tidak hanya PSSI saja, melainkan seluruh elemen bisa ikut terlibat, sehingga generasi penerus kita ini mampu unjuk gigi di kancah nasional,” tegasnya.

BACA JUGA :  98 Peserta Adu Kemampuan di Gerak Jalan 18 KM HUT Brebes

Ketua Panitia Pelaksana Youth Championship, Dyfa Erwinsyah Putra menjelaskan, pendaftaran dibuka sejak 20 November hingga 7 Desember, yang dilanjut dengan manajer meeting dan skrining pemain.

Hal itu dilakukan, untuk menghindari praktik curang yang kerap ditemui pada kompetisi kelompok umur. Salah satunya adalah manipulasi data pemain.

“Alhamdulillah ada 20 tim yang ikut, terdiri dari delapan tim U-10 dan 12 tim U-12. Timnya hampir merata dari berbagai daerah, meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Brebes,” tukasnya.

Senada dengan Ketua Askot PSSI Tegal, Erwinsyah juga berharap, kompetisi Youth Championship dapat membangkitkan semangat dan nguri-uri sepak bola di Kota Tegal.

“Semoga tahun 2024 mendatang Sekolah Sepak Bola (SSB) dan sekolah dasar atau sederajat bisa ikut,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erwinsyah juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar).

“Terima kasih atas dukungan dari Disdikbud dan Disporapar, sehingga acara ini dapat terselenggara,” tutupnya. (T03-Red)

Scroll to top
error: