270 Polisi Disiapkan Kawal Paslon Pilkada Serentak 2024 di Jateng

SLAWI, smpantura – Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St.M.K tengah menyiapkan 270 anggota Polisi untuk pengawalan melekat pasangan calon (Paslon) dalam Pilkada Serentak tahun 2024. Mereka dilatih secara khusus agar tidak ada kendala saat pesta demokrasi tersebut.
“Hampir 270 anggota Polri di Jateng kita latih untuk pengawalan dan penjagaan terhadap para Paslon. Baik itu paslon cabup, cawabup, cawalkot maupun calon wakil wali kota. Termasuk juga cagub dan cawagub,” kata Kapolda Irjen Lutfi, berkunjung ke rumah tokoh masyarakat Kabupaten Tegal, H Supandi di Desa Tegalwangi, Kecamatan Talang, Senin (8/7/2024).
Ramah tamah yang dilakukan di Pendopo Ki Jaga Manggala itu, juga dihadiri Anggota Dewan Pertimbangan (Wantimpres) Presiden Joko Widodo, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya. Ramah tamah itu dilakukan sebelum doa bersama dan tasyakuran untuk Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke 78, di Lasnur Convention Hall Jalan Ahmad Yani, Procot, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.
Kapolda menegaskan, jelang Pemilukada, situasi di Jateng sangat aman dan kondusif. Meski begitu, Polda Jateng sudah menyiapkan strategi guna pengamanan tersebut. Salah satunya, memberikan pelatihan terhadap anggotanya agar saat mengawal pasangan calon (Paslon) kepala daerah tidak ada kendala.
“Pelatihan itu sangat penting, sehingga saat pelaksanaan Operasi Mantap Praja, mereka sudah siap melakukan pengamanan terhadap para paslon,” ujarnya.
Selain pelatihan itu, Polda juga melakukan kegiatan operasi cipta kondisi. Operasi ini merupakan upaya untuk memelihara dan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Polda Jawa Tengah.
“Kita juga memberikan pelatihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) dan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako). Sehingga saat Pilkada berlangsung, mereka sudah terlatih,” ucapnya.
Sementara, saat ditanya wartawan soal gambar atau banner Kapolda yang terpasang di sejumlah tepi jalan, Irjen Lutfi langsung membalikan badan. Sepertinya, Lutfi enggan memberikan komentar ihwal dirinya maju sebagai bakal calon Gubernur Jateng.
“Sudah ya, cukup ya (wawancaranya),” kata Kapolda Lutfi sembari menuju mobil dinasnya. (T05_Red)

Scroll to top
error: