ABK Tenggelam di Perairan Kramat Belum Ditemukan

KRAMAT,smpantura – Hingga Jumat sore (9/9), Anak Buang Kapal (ABK) Darto (45) warga RT 02 RW 04 Desa Dinuk, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal yang hilang di perairan Kramat sejak Minggu dini hari (4/9) lalu, belum juga ditemukan. Padahal, tim gabungan telah melakukan penyisiran ke arah timur sejauh 5 mil dari Pantai Larangan, Kramat.

“Semua Search and Rescue Unit (SRU) melakukan penyisiran ke arah timur sejauh 5 mil dari Pantai Larangan,” kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, Iman Sisworo.

Dikatakan, pencarian korban sudah dilakukan sejak Minggu (4/9) hingga Rabu sore (7/8), namun korban belum ditemukan. Pencarian melibatkan petugas Polairud Polres Tegal, Lanal Tegal, Basarnas, PMI Kabupaten Tegal, Galawi Rescue, BPBD, Petugas Pelabuhan Larangan dan perangkat desa setempat. Pencarian dipimpin langsung oleh Kasat Polairud Polres Tegal. Tim gabungan ini dibagi menjadi 2 SRU. Untuk SRU 1 bersama LCR Lanal Tegal dan SRU 2 dengan LCR Basarnas. Hingga pukul 16.00 WIB, seluruh tim kembali ke titik kumpul di kantor Satpolairud Tegal. Hasilnya masih nihil. Kendati demikian, tim gabungan akan terus melakukan pencarian.

BACA JUGA :  Panwaslucam Terpilih Wajib Bawa Surat Bebas Narkoba

“Saat ini, kita masih koordinasi dengan tim gabungan,” ucapnya.

Sementara, diberitakan sebelumnya, sebuah kapal nelayan terbalik di laut utara wilayah Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Minggu dini hari, (4/9). Dalam peristiwa itu, 1 ABK hilang.

Kapal itu bernama KM Karyamitra. Kapal berisi 13 ABK dan 1 orang nahkoda. Semula, kapal berangkat dari Pelabuhan Larangan, Munjungagung, Kecamatan Kramat, pada Sabtu (3/9) sekitar pukul 16.00 WIB. Kemudian pada pukul 21.00 WIB, kapal diterpa angin kencang dan labu jangkar. Kala itu, posisi kapal berada 2 mil dari Karang Jeruk.

Sementara pada Minggu (4/9) sekitar pukul 01.00 WIB, kapal berencana mendekat ke kapal nelayan lain yang berada di 3 mil dari TKP. Namun, tiba-tiba kapal tersebut terbalik dan salah satu ABK mencoba berenang menuju kapal terdekat. Selanjutnya, pada pukul 04.00 WIB, KM Kartika Jaya mendekat ke TKP dan melakukan evakusi terhadap ABK serta nahkoda. ABK yang hilang yakni Darto (45) warga RT 02 RW 04 Desa Dinuk, Kecamatan Kramat. (T05-Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: