Aplikasi Akuntansi Persediaan Bantu UMKM Tentukan Keputusan Bisnis

TEGAL, smpantura – Sejumlah pelaku UMKM di Tegal, dikenalkan aplikasi akuntansi persediaan oleh Dosen Prodi D3 Akuntansi Poltek Harber, Selasa (21/5) di kampus setempat, untuk menunjang kegiatan usaha dan meningkatkan kompetensi.

Kegiatan yang diikuti 18 peserta itu masuk dalam program pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai kewajiban dosen berkontribusi untuk negeri.

Ketua PKM, Hikmatul Maulidah menuturkan, pengamalan ilmu pengetahuan dan keterampilannya diberikan kepada pelaku UMKM di Tegal, dalam meyongsong perkembangan teknologi. Dalam pelatihan, peserta mengikuti pre test sebagai tolak ukur pengetahuan terkait akuntansi persediaan.

Setelah itu, peserta diberikan materi tentang pentingnya pencatatan persediaan menggunakan aplikasi dan dilanjutkan praktik penggunaan aplikasi akuntansi persediaan. Pada sesi penutup, peserta melaksanakan post test.

BACA JUGA :  Tunon Mart Inovasi Teranyar Promosikan Produk UMKM dan UP2K

Menurut Hikmatul, pencatatan persediaan menggunakan aplikasi, dapat mengurangi peluang terjadinya kesalahan. Sebab, pengguna dimudahkan mengetahui secara pasti jumlah barang yang ada.

“Aplikasi ini bisa memberikan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan bisnis,” jelasnya.

Salah satu pemateri, Ida Farida berharap, kegiatan PKM dapat meningkatkan kemampuan UMKM binaan dalam menggunakan aplikasi akuntansi persediaan, mengingat persediaan merupakan salah satu aset penting bagi UMKM.

“Apalagi jika pelaku UMKM memiliki ragam jenis dan dengan tingkat perputaran tinggi, maka sangat tepat jika diajari aplikasi ini,” katanya. (T03-Red)

Scroll to top
error: