Asrofi Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Persab Brebes

BREBES, smpantura – Asrofi akhirnya secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum Persab Brebes periode 2022-2027, dalam Kongres yang digelar di Aula SMA Negeri 1 Brebes, Sabtu (31/12/2022). Asrofi terpilih sebagai pemimpin klub yang berjuluk Laskar Jaka Poleng ini, untuk menggantikan Heri Fitriansyah yang telah habis masa jabatannya.

Heri Fitriansyah sendiri sudah tiga periode memimpin Persab Brebes, dan dalam kongres tersebut tidak mencalonkan lagi. Sedangkan Asrofi yang merupakan pengusaha di Kota Bawang itu, terpilih aklamasi berdasarkan keputusan kongres. Itu lantaran dari sebanyak 21 pemilik hak suara seluruhnya sepakat memilihnya.

Dalam proses pemilihan Ketua Persab Brebes itu, sebelumnya telah dilaksanakan proses penjaringan bakal calon (balon). Dari hasil itu, terseleksi sebanyak 8 balon. Yakni, Asrofi, M Yusuf, Rojat, Tobidin, Nizwar, Iqbal Tanjung, Lord Rangga dan Jefri Arsya Roby. Namun dalam perjalannya, Rojat mengundurkan diri, dan Lord Rangga meninggal dunia. Sehingga, hanya tersisa 6 balon.

Sementara itu, saat digelarnya Kongres Persab Brebes, dari sebanyak 6 balon yang hadir hanya 3 balon. Dari tiga balon tersebut, yang mampu menyertakan surat dukungan dari Persatuan Sepakbola (PS) selaku pemilik hak suara, sebagai syarat menjadi calon hanya dua orang. Yakni, Asrofi dan M Yusuf. Sehingga sidang pemilihan Ketua Persab yang dipimpin Tri Budi Hermanto memutuskan hanya dua yang memenuhi syarat sebagai calon ketua dan dipilih.

Namun saat kedua calon menyampaikan visi dan misinya, M Yusuf di depan peserta Kongres menyatakan mengundurkan diri sebagai calon Ketua Persab Brebes. Sehingga calon ketua yang memenuhi syarat hanya satu orang, yakni Asrofi. Atas kondisi itu, pimpinan sidang menawarkan kepada forum sidang untuk proses pemilihan dilaksanakan secara aklamasi, atau tetap pemungutan suara. Hasilnya dilaksanakan secara aklamasi. Dari 24 pemilik hak suara, sebanyak 21 hadir, dan menyatakan memilih Asrofi.

“Hasil Kongres tadi, Asrofi secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Persab,” ujar Ketua Sidang Pemilihan Ketua Persab Brebes, Tri Budi Hermanto, usai sidang.

BACA JUGA :  Hasil Kongres, Heri Fitriansyah Terpilih Aklamasi Ketua Askab PSSI Brebes

Sementara itu, Ketua Persab Brebes terpilih, Asrofi mengatakan, prestasi sepakbola tidak mungkin bisa diraih tanpa adanya kebersamaan. Walaupun sebelumnya terapat perbedaan dalam pemilihan penjaringan bakal calon Ketua Umum Persab Brebes, namun melalui kongres ini, pihaknya ingin bersatu padu agar Persab Brebes ke depan bisa lebih berprestasi lagi.

“Setelah kongres ini, tidak ada lagi kubu Asrofi maupun M. Yusuf. Kami ingin saling bersinergi dalam kepengurusan memajukan Persab Brebes,” ujar Asrofi, yang juga Manager Persab Brebes junior yang berhasil menjuarai Piala Soeratin U-17 Jateng 2022 ini.

Menurut dia, di tahun 2023 nanti Persab Junior harus melanjutkan kompetisi Piala Soeratin di tingkat nasional. Hal itu menjadi tantangan bersama. Apalagi, Persab Junior mempunyai target meraih juara nasional Soeratin. “Ini menjadi tantangan pengurus ke depan,” tandasnya.

Plt Ketua Askab PSSI Brebes, Heri Fitriansyah mengatakan, sepakbola merupakan olahraga yang populer. Untuk itu, diharapkan Persab Brebes yang didirikan pada tahun 1964, diusianya yang mendekati usia emas bisa memotivasi bagi generasi penerus sepakbola Kabupaten Brebes.

“Kami mohon maaf, sudah berusaha dengan keras untuk membawa Persab Brebes menuju Liga Profesional, namun belum bisa tercapai. Untuk dengan Ketua Umum Persab Brebes yang baru melalui hasil kongres ini, bisa membawa tim sepakbola kebanggaan masyarakat Kabupaten Brebes ini ke Liga Profesional. Kami beserta seluruh jajaran pengurus juga mengucapkan selamat atas keberhasilan Persab Brebes junior meraih juara Piala Soeratin U-17 Jateng 2022. Semoga diputaran nasional nanti, Persab Brebes bisa mengulang kejayaannya seperti pada tahun 2016 lalu, yaitu menjadi juara Piala Soeratin Nasional,” pungkas mantan Ketua Umum Persab Brebes ini. (T07_red)

Scroll to top
error: