Bawaslu Konsolidasikan Pengawasan Pemilu 2024 bersama Mitra Strategis

TEGAL, smpantura – Sejumlah lurah hingga wartawan mengikuti Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu dan Pengawas Ad-Hoc yang diselenggarakan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tegal, di Hotel Plaza, Rabu (16/11).

Ketua Bawasalu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto mengatakan, pihaknya terus melakukan pendekatan dengan berbagai mitra, seperti para lurah, Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) dan TNI Polri.

Tak hanya itu, para wartawan dari berbagai media yang ada di Kota Bahari, juga turut dilibatkan dalam menghadapi pesta demokrasi di Tahun 2024 mendatang. Pasalnya, media memiliki peran penting untuk mengawal dan mendukung suksesnya Pemilu.

“Selain konsolidasi internal yang kita dapatkan, kegiatan ini juga bisa mempererat hubungan koordinasi dan kerja sama dengan mitra strategis Bawaslu. Harapannya, tentu bisa menyukseskan Pemilu 2024,” terangnya.

BACA JUGA :  113 Layanan Hadir di Wisata Pelayanan Publik City Walk Kota Tegal

Melalui kegiatan tersebut, Akbar juga mengharapkan tingginya partisipasi masyarakat. Terutama melalui peran serta lurah sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat paling bawah. Hal itu bisa dilakukan, dengan menyisipkan pesan-pesan pengawasan pada setiap kegiatan.

Disebutkan, Bawasalu dan Panwascam di Kota Tegal, nantinya juga akan turun membentuk forum masyarakat, untuk kemudian mendiskusikan berbagai isu strategis. Seperti misalnya bagaimana berdemokrasi yang baik dan bagaimana pengawasan Pemilu yang melibatkan partisipasi masyarakat.

“Pengawas Ad-Hoc yang sudah dibentuk, Panwascam. Untuk Pengawas Pemilu Lapangan atau PPL, kami masih menunggu instruksi dari pusat. Termasuk juga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat menjelang pemungutan suara,” tutupnya. (T03-Red)

Scroll to top
error: