Bupati Umi, Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Rumah

SLAWI, smpantura– Bupati Tegal Umi Azizah, didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Elliya Hidayah dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal, Akhmad Rofiqi, menyalurkan bantuan, untuk tiga korban kebakaran.

Bantuan diberikan kepada Abdul Khalim (70) dan Wahadi (40), warga Desa Argatawang, Kecamatan Jatinegara, dan Ibnu Chaerul Sidiq (25) warga Desa Dukuhjati Kidul, Kecamatan Pangkah, Selasa (12/9/2023).

Peristiwa kebakaran terjadi di Desa Argatawang, pada Selasa (5/9/2023) serta menghanguskan seluruh isi rumah dan sebagian besar bangunan rumah, hanya menyisakan bagian depannya saja.

Sedangkan, kebakaran yang terjadi di Desa Dukuhjati Kidul, berlangsung pada Kamis (25/8/2023) malam.

“Kami turut berduka atas musibah yang terjadi. Semoga para korban senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan dan semangat untuk berjuang menata, memulihkan kembali kondisi rumahnya serta bersabar dalam prosesnya,” katanya.

Selain itu, Umi meminta pemerintah desa setempat dan warga, bisa ikut membantu, bergotong royong memperbaiki kerusakan bangunan dan meringankan beban keluarga korban kebakaran.

Pemerintah desa (Pemdes), dapat menganggarkan bantuan sosial, melalui dana desanya.

Baznas Kabupaten Tegal, juga telah memberikan bantuan, senilai Rp 4 juta dan Rp 6 juta, bagi dua keluarga korban di Desa Argatawang dan Rp 5 juta, untuk warga Desa Dukuhjati Kidul.

BACA JUGA :  Sambut Hari Jadi Ke-49 DPD PPNI Beri Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bagi Masyarakat

“Kalau diusulkan lewat program rehab RTLH (rumah tidak layak huni) 2024 tentu kelamaan. Mereka menunggu terlalu lama. Jadi saya minta Pemdes bisa bantu anggarkan perbaikannya lewat dana desa,” kata Umi.

Kepala Pelaksana BPBD, Elliya Hidayah berharap, warga lainnya bisa membantu, bergotong royong memperbaiki rumah yang terbakar, untuk meringankan beban para korban.

“Kami, dari BPBD siap mengirimkan bantuan material. Silahkan pemdes buat hitung-hitungannya. Nanti koordinasikan dengan petugas kami. Ajak masyarakat, TNI dan Polsek setempat,” ujarnya.

Salah satu korban, Arul (25) menyampaikan rasa terima kasihnya, atas bantuan diberikan Pemkab Tegal. Dia berharap, kejadian serupa tidak terulang di tempat lain, dan rumah yang terbakar, bisa segera dibangun kembali.

“Alhamdulillah, bantuan sudah kami terima. Bantuan dari BPBD berupa kayu, triplek, dan makanan, serta bantuan dari Baznas Rp 5 juta, akan saya pakai buat mbangun rumah ini lagi secara bertahap,” ungkapnya.

Usai kunjungi korban bencana kebakaran, Bupati Umi melanjutkan peninjauan, penyaluran air bersih sebanyak enam ribu liter dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, untuk warga Desa Argatawang RT 08, RW 02 yang sejak bulan Juli lalu, sudah mengalami kekeringan selama musim kemarau ini. (T04-Red)

Scroll to top
error: