Cek Kesiapan Pemilu, Pj Gubernur Jateng Kunjungi KPU Brebes

BREBES,smpantura – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sujana, mengecek kesiapan pelaksanaan Pemiku tahun 2024 di Kabupaten Brebes, kemarin (25/1/2024). Bahkan, Pj Gubernur langsung mengunjungi Kantor KPU Kabupaten Brebes, terkait kesiapan tersebut.

Beberapa poin penting kesiapan yang diperhatikan Pj Gubernur, di antaranya kesiapan logistik, personalia pelaksana pencoblosan hingga keamanan.

“Kami berada di kantor KPU Kabupaten Brebes, sekalian kunjungan kerja dan juga melihat bagaimana kesiapan dari KPU Brebes, untuk mendapatkan kejelasan dari Ketua KPU,” tutur Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana kepada wartawan.

Dia mengatakan, terkait logistik, KPU Brebes sudah menerima 90 persen logistik yang dibutuhkan, tinggal menunggu yang 10 persen lagi. Kekurangan itu, dalam beberapa hari kedepan sudah tercukupi. Logistik sudah sangat baik dan sudah didistribusikan ke masing-masing kecamatan dan kemudian dilengkapi dengan pengamatan melalui CCTV. Termasuk, keamanan dari pihak kepolisian dan aparat TNI juga siap siaga.

“Kabupaten Brebes wilayahnya sangat luas dan penduduknya mencapai 2 juta jiwa, maka DPT nya cukup besar. Di Brebes ada TPS yang terpencil dari 6.291 TPS. Tentunya, KPPS sudah siap dan sudah dilantik semua demikian halnya dengan linmas. Jumlah linmas 2 tiap TPS ada sekitar 12.500 personil. Mereka tengah menjalani pelatihan sebagai anggota linmas,” terangnya.

BACA JUGA :  Kado Spesial HBP Ke-59, Dapur Lapas Magelang Mendapatkan Sertifikat Laik Hygiene

Nana menghimbau, KPU sebagai penyelenggara Pemilu untuk terus menjalin kekompakan dan semuanya harus terlibat. Terlibat dalam mensuksekan pemilu 2024 ini, jadi baik itu Pemkab, TNI, Polri, Kejaksaan, dan Hakim dan lainnya semuanya harus sinergi. Di samping itu, agar KPU memberi pelatihan pencoblosan kepada masyarakat supaya pada hari H-nya bisa mengikuti pencoblosan dengan baik. Pihaknya, mendengar masih banyak yang belum tahu proses untuk pemungutan suara.

“Intinya masalah stabilitas politik, stabilitas keamanan ini harus betul-betul dijaga. Mendekati pemungutan suara suhu politiknya kan akan semakin memanas,” tandasnya.

Ketua KPU Brebes Manja Lestari Damanik menjelaskan, dalam Pemilu 2024 Kabupaten Brebes memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.511.717 pemilih. Mereka akan memilih di Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di 6.291 TPS. Adapun Kelompokk Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 44.037 orang dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 891 orang. (T07_red)

Scroll to top
error: