Daftar Warung Sate Legendaris di Tegal, Dijamin Bikin Nagih!!!

SLAWI, smpantura – Belum ke Tegal, kalau belum makan sate kambing muda khas Tegal. Sekali mencoba pasti akan ketagihan, dan rasanya bikin kleyengan.

Sate kambing muda khas Tegal sudah dikenal hampir seluruh antero negeri ini. Bahkan, sate Tegal banyak cabangnya di kota-kota besar di Indonesia. Makanan yang sedap saat dimakan saat panas itu, selalu ramai diburu para penikmat kuliner. Hampir semua warung sate yang terkenal, tak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat musim liburan, pengunjung di sejumlah warung sate selalu penuh.

Menurut penikmat sate Tegal, Adi Sutrisno mengaku sempat makan sate di berbagai daerah, namun ada ke khasan tersendiri untuk sate Tegal. Sate kambing di Tegal disajikan dengan cara yang berbeda dengan daerah lain. Ciri khas sate kambing di Tegal adalah potongan dagingnya yang relatif lebih besar dibanding sate dari daerah lain.

Selain itu, lanjut dia, daging kambing yang disajikan biasanya adalah kambing yang berusia muda atau di bawah lima bulan, atau yang disebut balibul. Penyajian sate di Tegal pun cukup unik atau berbeda dengan daerah lain karena disajikan dengan bumbu sambal kecap yang terdiri dari campuran kecap manis, cabai rawit, bawang merah, dan tomat.

“Di beberapa warung sate di Tegal menyajikan dengan hotplate agar tetap panas. Ini menambah makin empuk dan lezat,” ujar Adi.

Bahkan saking terkenal, sejumlah warung sate di Tegal ini kerap disambangi artis, Youtuber, hingga stasiun televisi. Di Slawi, ada beberapa warung legendaris yang sampai saat ini masih eksis, diantaranya :

BACA JUGA :  Kenakan Baju Daur Ulang, “Thor dan Putri Belle” Ajak Peduli Lingkungan

1. Warung Sate Bu Narto (Warnoli)
Warung sate ini dulu berjualan di Pasar Slawi di tahun 1990-an. Setelah Pasar Slawi disulap menjadi areal Ruko Slawi, akhirnya di pindah Jalan Pier Tendan Slawi atau dibelakang PLN Slawi.
2. Warung Sate Suparmin
Seperti halnya Warung Sate Warnoli yang sebelumnya se komplek di Pasar Slawi, Warung Sate Suparmin juga masih eksis di bidang persatean kambing di Slawi. Kini, Warung Sate Suparmin berada di Jalan Jenderal Soedirman Slawi.
3. Warung Sate Berokah
Sama dengan dua Warung sate sebelumnya, Warung sate Barokah Nomor 3 Bu Sugeng, lokasinya cukup strategis di Jalan Slawi-Jatibarang atau Jalan MT. Haryono, Desa Kalisapu Kecamatan Slawi tepatnya di depan SPBU.

Selain itu, ada beberapa warung sate yang berdiri belum lama, dantaranya :
1. Warung Sate Bu Tomo yang berada di sebelah timur SPBU Kagok, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.
2. Warung Sate Bang Awi yang berada di Jalan Dua Tegal-Slawi di Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.
3. Warung Sate Balibul yang berada di Jalan Menuju Guci Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal.
4. Cempe Lemu yang sudah banyak di wilayah Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. (T05_Red)

Scroll to top
error: