Disnaker Brebes Latih IKM Ketrampilan Linting Rokok, Upaya Kurang Kemiskinan Ekstrem

BREBES, smpantura – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Brebes menggelar pelatihan keterampilan linting rokok, di Hotel Grand Dian Brebes, selama tiga hari, mulai Sabtu (12/11/2022). Pelatihan dikandung maksud untuk melatih kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM) meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya, sehingga meningkatkan profesionalitas kerja serta dalam rangka mengatasi pengangguran di Kabupaten Brebes. Sehingga kemiskinan ekstrem di Kota Bawang makin menurun.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Brebes Warsito Eko Putro, di sela pelatihan. Ia berharap peserta yang mengikuti pelatihan keterampilan bisa meningkatkan pengetahuannya. Untuk itu, peserta agar bersungguh-sungguh dalam untuk menimba ilmu selama pelatihan sehingga keterampilan yang didapat bisa menghasilkan produk rokok yang bagus.

“Ini upaya meningkatkan produksi tembakau dan mengatasi kesulitan mendapatkan tenaga kerja yang terampil dalam pelintingan rokok,” katanya.

Ia juga berharap, agar peserta pelatihan mendapatkan ilmu dan keterampilan bagaimana cara melinting rokok yang baik agar menghasilkan linting rokok yang bagus. “Dengan karya berkualitas bisa memperoleh pendapatan, juga bisa mendukung peningkatan ekonomi sehingga kemiskinan ekstrem bisa teratasi,” terangnya.

BACA JUGA :  Kue Pastri Menjadi Tren Masa Kini

Selain itu, lanjut dia, untuk memberikan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan serta keahlian para pelaku IKM rokok di Kab. Brebes dalam memproduksi rokok kretek dan filter dengan alat peliniting manual. Juga memberikan informasi kepada pelaku IKM rokok tentang cukai agar taat kepada peraturan cukai yang ditetapkan pemerintah. Dari pelatihan itu, dapat memberikan manfaat antara lain memperbaiki kemampuan para pelaku IKM rokok sehingga performance dalam bekerja semakin membaik dan meningkat. Meningkatkan ketrampilan pelaku IKM rokok agar dapat melakukan produksi sesuai dengan standar yang ditetapkan. Memberikan kesadaran kepada para pelaku IKM rokok agar dapat mentaati regulasi yang di tetapkan pemerintah.

“Pelatihan ini diikuti 20 peserta dari berbagai pelaku IKM di Brebes. Selama tugas hari mereka mendapatkan materi baik secara langsung, diskusi dan tanya jawab serta praktek,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: