Disporapar Latih Pemuda Jadi Good Looking dan Good Rekening

TEGAL, smpantura – Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal, melalui Bidang Kepemudaan, akan menggelar Pelatihan Ide Bisnis Digital Entrepreneurship, 1-3 Mei 2024 mendatang.

Kegiatan yang diikuti para pelajar SMA dan SMK se-Kota Bahari ini telah bergulir pada 13 Desember 2023 dan 17 Januari 2024, melalui pertemuan dalam jaringan atau daring zoom.

Kepala Disporapar Kota Tegal, Irkar Yuswan Apendi mengatakan, digital entrepreneurship menyasar generasi Z untuk menumbuhkan jiwa usaha bagi para pemuda.

“Harapannya setelah mereka melanjutkan jenjang yang lebih tinggi, mereka bisa mulai berwirausaha,” kata Irkar, Rabu (24/4).

Senada disampaikan Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar, Kuwat Daryani yang menyebut bahwa 40 peserta dari 10 sekolah akan mengikuti Pelatihan Ide Bisnis Digital Entrepreneurship di Hotel Karlita pada 1-3 Mei 2024.

Sebelumnya, ada sekitar 35 sekolah yang mengikuti rangkaian pelatihan. Namun, hanya 10 sekolah saja yang bisa melanjutkan dengan jumlah peserta sekitar 40 siswa. Mereka juga telah memaparkan ide bisnis yang akan dijalankan.

Mulai dari menjual kreasi batik ecoprint, pembatas buku kreasi, sepatu second brand, serum pembersih sepatu, kerajinan kawat bulu, pengolahan kulit jeruk dan perhiasan rumah anak.

BACA JUGA :  Stabilkan Harga Beras, Kantor Bulog Cabang Pekalongan Kembali Intensifkan SPHP

Selain itu, ada pula yang memiliki ide bisnis untuk menjadi food vlogger, sambal instan, aneka pie, cafe, bakso bakar pedas manis, bakso kuah milenial, healthy eat hingga distributor telur.

“Mereka ini sudah melakukan pertemuan zoom daring dua kali. Dibekali tugas berupa menciptakan ide bisnis dan mereka sudah memaparkan. Puncaknya nanti awal Mei,” jelas Kuwat.

Melalui pelatihan itu, peserta akan dibekali kiat-kiat menjalankan usaha, khususnya digital. Tentunya dari pelatihan diharap peserta mampu menjadi pemuda yang mandiri secara ekonomi atau bahkan menciptakan dan menyerap tenaga kerja.

Adapun pemateri akan didatangkan dari Semarang, yang akan memberikan cara mengelola keuangan, hingga implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum Merdeka Belajar

“Semoga dengan pelatihan ini menjadikan para pemuda di Kota Tegal yang tidak hanya good looking saja, tetapi juga good rekening,” katanya. (T03-Red)

Scroll to top
error: